Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Sep 2013 15:30 WIB

Bayar Tiket Rp 80 Ribu, Dapat WiFi Gratis di Kereta Bandara Kualanamu

- detikFinance
Jakarta - Kereta bandara Kualanamu, Sumatera Utara, yang dioperasikan PT Railink akan dilengkapi fasilitas WiFi gratis. Rencananya, WiFi tersebut akan terpasang di seluruh rangkaian kereta pada November 2013.

”WiFi akan kita pasang mudah-mudahan kalau bisa November, kita masih nunggu 2 rangkaian kereta lagi datang," kata Direktur Utama Railink M.N Fadhila kepada detikFinance, Rabu (3/9/2013).

Dia menjelaskan, pemasangan WiFi tersebut sebagai salah satu cara menarik peminat penumpang menggunakan kereta bandara dibanding jenis transportasi lainnya dengan tiket Rp 80.000 sekali jalan.

"Sekarang kan kereta baru terisi 60%, ditargetkan bisa sampai 70% kereta bisa terpenuhi, lebih baik lagi kalau sampai 100%," ujarnya.

Rencananya, Railink juga akan menambahkan fasilitas kamera pengawas CCTV, termasuk stop kontak untuk mengisi baterai telepon genggam dan sejenisnya.

Sejak beroperasi 25 Juli hingga 31 Agustus 2013, total sebanyak 82.934 penumpang telah dilayani KA Bandara Kualanamu, dengan tingkat isian rata-rata sebesar 60%.

Pada periode 25-31 Juli, penumpang terangkut sebanyak 15.437 orang dengan jumlah perjalanan sebanyak 20 trip/hari. Sedangkan selama periode 1-31 Agustus, sebanyak 67.497 penumpang terangkut dengan jumlah perjalanan sebanyak 22 trip/hari.

"Jika keenam rangkaian sudah kita operasikan seluruhnya, maka jumlah perjalanan bisa kita tingkatkan hingga 32 trip/hari," ujarnya.

Selain memanjakan penumpang dengan sejumlah fasilitas pada rangkaian KA Bandara, Railink juga menawarkan pelayanan lebih pada dua stasiun khusus KA Bandara yang dikelola saat ini, yaitu Stasiun KA Bandara Medan (City Railink Station/CRS) dan Stasiun KA Bandara Kualanamu (Airport Railink Station/ARS).

Kedua stasiun yang berdesain interior berbeda dengan stasiun KA pada umumnya tersebut, menerapkan sistem pelayanan tiket KA dengan teknologi terkini yang memudahkan pengguna jasa bertransaksi dengan kartu kredit, debit dan prepaid di Tiket Vending Machine.

Penggunaan system e-Gate, penumpang dapat masuk ke ruang keberangkatan dengan menggunakan teknologi smart card, kartu berbasis sistem RFID.

Selain itu, Railink juga menyediakan fasilitas lain untuk memudahkan penumpang, antara lain counter e-ticketing serta loket pemesanan tiket sejumlah maskapai penerbangan.

Kemudian, tersedia pula konter layanan informasi, ruang tunggu, toilet, musholla, coffee corner, retail shop dan transit hotel sekelas bintang tiga bagi yang memerlukan.

Satu kelebihan lainnya adalah tersedianya layanan professional petugas Customer Service yang akan melayani penumpang di Stasiun KA Bandara (Customer Service On Station) maupun di dalam Kereta Api Bandara (Customer Service On Train).

Railink merupakan perusahaan swasta hasil patungan antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Angkasa Pura II (Persero) yang dikonsentrasikan khusus pada pengelolaan angkutan khusus Kereta Api Bandara dan stasiun-stasiun KA Bandara di seluruh wilayah Indonesia.




(drk/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com