Obama Batal Datang ke APEC, Ini Komentar Para Pemimpin Negara

- detikFinance
Rabu, 09 Okt 2013 10:53 WIB
Obama Batal Datang ke APEC, Ini Komentar Para Pemimpin Negara

Putin berandai-andai jika Ia berada pada posisi Obama. Ia mengaku juga tidak akan datang ke APEC.

"Kalau saya berada di posisi beliau saya juga tidak akan datang. Pemimpin negara manapun saya tidak akan datang, dan lebih memilih untuk selesaikan persoalan dalam negeri," ujarnya

Putin mengatakan, persoalan dalam negeri AS cukup berat dan sangat kental dengan aroma politik. Situasi tersebut dapat menjadi alasan yang kuat Obama tidak datang ke APEC.

"Kita bisa melihat apa yang terjadi saat ini dalam politik dalam nergi AS adalah situasi yang sulit dan saya percaya beliau (Obama) tidak hadir dan tidak datang alasannya sungguh kuat," jelasnya.

Putin berharap AS segera keluar dari krisis yang tengah terjadi. Kekuatan perekonomian AS membuat banyak negara yang bergantung. Terlihat ketika mata uang dolar mampu menggoyangkan mata uang negara lain.

"Saya harap AS segera keluar dari krisis yang tengah dihadapi. AS perekonomian terbesar di dunia dan kertegantungan dolar AS tetap sebagai mata uang terbesar di dunia. saya ingin menyatakan kekuatan politik dari beliau bisa selesaikan persoalan saat ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini pemerintahan AS masih tutup atau berhenti sementara akibat anggaran belum disetujui oleh Kongres.