Kilau Hobi dan Bisnis Batu Mulia (5)

Batu Mulia, yang Langka yang Penuh Darah

- detikFinance
Jumat, 29 Nov 2013 17:37 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - Salah satu faktor yang menentukan nilai batu mulia adalah kelangkaannya. Beberapa batu mulia berikut ini dianggap sebagai yang terlangka di dunia sehingga harganya pun luar biasa.

Selain itu, tahukah Anda bahwa batu mulia, menurut jenisnya, ternyata adalah simbolisasi bulan kelahiran dalam kalender Gregorian. Sementara itu, asal batu mulia pun harus diperhatikan sebab ternyata banyak juga batu mulia 'berdarah' hasil berbagai penyiksaan dan pembunuhan. Simak infografis setelah daftar batu mulia terlangka.

Kisah Batu Mulia Terlangka, seperti dikutip dari discovery.com:

1. Pink Star Diamond
Berlian ini dilelang di Jenewa pada 13 November 2013 dengan harga pembukaan US$ 60 juta atau lebih dari Rp 660 miliar. Dalam lelang tersebut, Pink Star Diamond berhasil terjual dengan harga US$ 83 juta atau lebih dari Rp 900 miliar atas nama Isaac Wolf dari New York.

2. Black Opal
Batu ini merupakan salah satu lambang nasional Australia, dan menjadi opal terlangka di dunia. Black opal memiliki latar belakang warna hitam dan dihiasi warna agak kelabu. Batu ini juga dapat menyerap cahaya sehingga memberi kesan warna-warni yang indah.

3. Musgravite
Institut Gemologi Amerika Serikat menyebut batu ini sebagai sesuatu yang langka sehingga orang pasti memasukkannya dalam daftar keinginan mereka. Musgravite kali pertama ditemukan pada 1967 di Australia bagian selatan. Hingga 2005, hanya delapan musgravite yang ditemukan di seluruh dunia.

4. Red Diamond
Seperti halnya berlian pada umumnya, Red Diamond juga berbentuk dari karbon padat. Namun warna merah menyala dari berlian ini berasal dari struktur kristal yang langka. Harga berlian merah ini mencapai jutaan dolar AS.

5. Tanzanite
Batu ini transparan dengan corak biru sampai ungu. Kali pertama ditemukan pada 1962 di Tanzania bagian utara. Nama Tanzanite dipopulerkan oleh perusahaan pembuat perhiasan Tiffany & Co pada 1968.

Infografis





(DES/DES)