Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Mar 2014 16:22 WIB

Begini Penampakan Terkini Kereta Bandara Kualanamu

- detikFinance
Deli Serdang - Kualanamu adalah salah satu bandara yang sudah terhubung moda transportasi kereta. Begini penampakan kereta bandara Kualanamu.

Dari penelusuran detikFinance di bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (27/3/2014), kereta ini tampak berdesain futuristik.

Sekilas bentuknya mirip skytrain yang ada di bandara Changi Singapura. Tapi yang satu ini lebih besar dan lebih banyak menampung penumpang, jangkauan jaraknya pun lebih jauh.

Ada 4 kereta yang disiapkan PT Railink selaku operator kereta bandara Kualanamu. Namun hanya 3 yang dioperasikan sehari-hari.

"Yang satu lagi untuk cadangan," kata Gio, salah seorang petugas saat ditemui di Stasiun Kereta Bandara Kualanamu.

Jalur kereta di bandara Kualanamu diapit dua lorong khusus untuk penumpang yang membedakan penuympang yang akan naik dan turun, sehingga lebih teratur.

Di dalam satu kereta, ditugaskan satu wanita muda yang cantik untuk melayani para penumpang. Dia didampingi oleh petugas pria dan juga polisi kereta atau petugas keamanan. Wanita yang melayani itu menggunakan seragam dress panjang berwarna biru dengan list merah.

Meski tidak sempat menupang kereta, detikFinance sempat melongok salah satu gerbong di dalam kereta saat Presiden SBY akan menumpang menuju Stasiun Medan. Dalamnya bersih terawat dan hawa dingin terasa dari AC di dalam gerbong.

Kondisi stasiun tak jauh berbeda. Stasiun di bandara Kulanamu kondisiny sangat bersih dan terawat. Arealnya sangat luas, tak ada kesan sempit di dalam stasiun kereta. Lantainya bersih dipadu hawa sejuk membuat penumpang betah jika harus menunggu kereta datang.

Kereta setiap hari dioperasikan sebanyak 36 frekuensi, yang terbagi dari 18 keberangkatan dari Stasiun Medan Kota, dan 18 keberangkatan dari Stasiun Bandara Kualanamu.



(zul/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed