Follow detikFinance
Senin 07 Apr 2014, 14:10 WIB

Game-Game Fenomenal (3)

Belitan Ular Nokia, Tak Ada Lawan

- detikFinance
Belitan Ular Nokia, Tak Ada Lawan
Jakarta - Tetris adalah permainan yang bisa dimainkan di hampir segala macam platform. Lebih dari 65 platform bisa memainkan game itu. Mulai dari komputer, kalkulator, telepon seluler, PDA, sampai di perangkat non-media seperti kartu nama.

Kesuksesan terbesar Tetris adalah saat diluncurkan dalam versi Game Boy dari Nintendo pada 1989. Sampai 2010, tercatat Tetris sudah terjual 170 juta copy, terdiri dari 70 copy fisik dan 100 juta copy untuk aplikasi mobile.

Tapi di jajaran game klasik yang fenomenal, barangkali tak ada yang bisa melawan game ular bernama Snake.

Permainan Snake sederhana. Pemain hanya harus mengarahkan perjalanan ular, supaya dapat bertambah panjang ketika semakin banyak makan dan menjaga supaya selama berjalan, ular tak boleh menabrak halangan atau tubuhnya sendiri.

Game Snake ini fenomenal setelah Nokia memasangnya di banyak ponsel buatannya, yang laris manis di seluruh dunia. Malah, ada cerita lucu-lucuan di Internet, bahwa Microsoft berani membeli Nokia senilai US$ 7,2 miliar lantaran Bill Gates termasuk yang sangat suka main game itu.

Sebetulnya sejarah Snake tak bermula di Nokia. Varian game Snake awal dimulai dari game arkade Blockade yang diterbitkan pada 1976. Versi komputer diprogram tahun 1978 oleh Peter Trefonas dengan nama Worm. Sementara di BBC Micro, sejak 1982 ada beberapa versi game Snake.

Tapi tak ada yang sesukses Nokia dalam mempopulerkan Snake. Diawali dari versi monokrom pada 1997 yang dirancang oleh Taneli Armanto, seorang ahli desain Nokia dan pertama kali ditanamkan di ponsel Nokia 6110.

Lalu menyusul Snake II yang sudah lebih lengkap permainannya, seperti adanya bonus serangga, dan rintangan-rintangan. Versi ini diinstal pertama kali di Nokia 3310.

Snake Xenzia adalah varian untuk ponsel yang lebih murah, seperti Nokia 1600 dan Nokia 1112. Varian yang lebih kompleks adalah Snake EX, yang bisa dimainkan secara multiplayer melalui Bluetooth dan Infra Merah. Nokia memasang versi ini di Nokia 6260. Varian EX2 kemudian ditanamkan di handset seri 40 Nokia.

Snake versi 3 Dimensi dimulai di ponsel N-Gage, yang dikembangkan oleh IOMO. Varian ini bisa dimainkan secara multiplayer via Bluetooth serta kualitas gambarnya menyamai Sony PlayStation. Varian lain adalah Snake III untuk Nokia 3250, 5310, 5610, Nokia 2730 classic, dan Nokia 6300.

Berapa jumlahnya? Jelas jauh mengatasi penjualan Tetris karena penjualan ponsel Nokia yang luar biasa. Sebagai contoh seri 1100 yang diluncurkan pada 2003 telah terjual 250 juta unit. Di ponsel itu terdapat varian Snake II. Menurut situs nokiaconnects.com, game Snake telah ditanamkan pada lebih dari 350 juta unit ponsel dan terbilang sebagai game mobile terpopuler.




(DES/DES)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed