Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Apr 2014 15:26 WIB

Pentingnya Mengatur Anggaran Belanja Bulanan

- detikFinance
Jakarta - Hampir sebagian orang baik pria maupun perempuan pasti doyan belanja. Mulai dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan yang tidak penting, semua ingin dibeli.

Apalagi bagi para perempuan, banyak macam-macam barang yang dibeli ketika berkunjung ke mall walaupun sama sekali tidak membutuhkannya. Berbeda dengan pria, jarang berbelanja namun sekalinya berbelanja barang, harganya mahal seperti gadget atau kebutuhan olahraga.

Sebenarnya, belanja boleh saja dilakukan asalkan sudah ada perencanaannya.

Seperti tertuang dalam artikel yang dilansir dari QM Financial pimpinan Ligwina Hananto, Minggu (13/4/2014), perencanaan keuangan harus dibuat untuk diri sendiri mulai dari pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, membeli kebutuhan untuk rumah tangga atau pun sekedar mencari hiburan seperti nonton dan makan di luar.

"Bagi Anda yang gemar berbelanja akan lebih baik bila memiliki rekening khusus untuk berbelanja, sehingga tidak perlu bingung mau membayar menggunakan uang yang mana. Rekening belanja yang dibuat tentu saja harus dianggarkan berapa besarnya setiap bulan," demikian kutipan artikel tersebut.

Setelah menerima gaji bulanan, buatlah skala prioritas yang dihitng dengan cermat misalnya :

  • Dana Darurat
  • Kebutuhan rumah tangga
  • Kebutuhan pribadi
  • Cicilan bulanan
  • Utang
  • Biaya transportasi
  • Tabungan
  • Zakat
  • Gaya hidup atau hiburan

"Setelah semua kebutuhan pokok terpenuhi barulah Anda dapat membuat rekening terpisah untuk berbelanja. Dari rekening belanja ini Anda dapat membaginya untuk membeli baju atau tas, salon, belanja kosmetik, perawatan ke dokter kulit, dan keperluan lainnya," terang artikel tersebut.

Yang perlu diingat pandai-pandailah membagi anggaran, kalau bulan ini sudah belanja kosmetik dan perawatan ke dokter maka bulan depan boleh belanja baju, atau kalau bulan ini sudah belanja tas maka bulan depan boleh belanja sepatu.

Jika ada barang yang ingin dibeli tapi dana tidak cukup jangan memaksakan sampai menggunakan dana darurat, lebih baik menabung terlebih dahulu dan simpan uangnya di rekening belanja.

"Setelah dana terkumpul barulah membeli barang yang diinginkan. Yang perlu diingat dan harus diperhatikan adalah jangan sampai lupa untuk menabung ataupun berinvestasi dan jangan lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk yang lebih membutuhkan seperti anak yatim dan fakir miskin," tulis artikel tersebut.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan buatlah daftar apa saja barang yang akan dibeli dengan menggunakan rekening belanja kalau perlu buat juga skala prioritasnya. Jadi bisa direncanakan barang apa yang akan dibeli bulan ini dan barang apa yang sebaiknya dibeli bulan depan.

Dengan adanya rekening belanja, semua keinginan jadi benar-benar tersusun dengan rapi setiap bulannya.

(dru/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com