Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Mei 2014 10:36 WIB

Selain Kuala Namu, Ini Bandara-bandara yang Bakal Dilengkapi Kereta Api

- detikFinance
Jakarta - Kereta api khusus bandara saat ini baru tersedia di Bandara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Kuala Namu berhasil mengalahkan bandara-bandara di Tanah Air.

“Medan (Kuala Namu) sudah terjadi untuk tahap I. Kita akan kembangkan double track dan elevated-nya. Sehingga nanti Medan bisa jadi contoh KA bandara bagi tempat lain,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkatan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Hanggoro Budi Wiryawan kepada detikFinance di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Tidak hanya Kuala Namu, ternyata dalam rencana induk perkeretaapian nasional, bandara-bandara utama di Indonesia akan dibangun dan dilengkapi oleh jaringan kereta bandara. Seperti di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng. Bandara ini bakal memiliki setidaknya 2 jenis kereta yakni KRL Commuter dan Kereta Express.

KRL Commuter menjadi tanggung jawab PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedangkan Kereta Express rute Bandara Halim Perdanakusuma-Bandara Soetta berada di bawah Kemenhub. Dari 2 pilihan tersebut, KRL Commuter bisa beroperasi lebih cepat.

“Tahun depan KRL diharapkan bisa beroperasi. Kalau elevated (kereta express) bisa 2018,” sebutnya.

Dalam rencana induk perkeretaapian nasional, bandara-bandara lainnya yang akan dilengkapi fasilitas kereta adalah Bandara Minangkabau (Padang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Hang Nadim (Batam), Bandara Ahmad Yani (Semarang), Bandara Adi Sumarmo (Solo), Bandara Kulon Progo (rencana bandara baru di Yogyakarta), Bandara Kertajati (rencana bandara baru di Majalengka), Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Sultan Hasanuddin (Makasar), dan Bandara Ngurah Rai (Denpasar).

 


(feb/hds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed