Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 26 Okt 2014 21:08 WIB

Nilai 7 Untuk Kabinet Kerja Jokowi-JK

- detikFinance
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan nama-nama menterinya yang tergabung dalam Kabinet Kerja. Susunan kabinet Jokowi ini belum termasuk kategori 'dream team' atau kabinet impian.

Berapa skala nilai kabinet Jokowi-JK dari skala 1-10?

Ekonom Senior Standar Chartered Fauzi Ichsan memberi nilai tujuh (7) untuk Kabinet Kerja Jokowi-JK. "Nilainya 7," kata Fauzi kepada detikFinance, Minggu (26/10/2014).

Fauzi menjelaskan, pelaku pasar sudah memasang ekspektasi tinggi terhadap nama-nama menteri yang akan muncul di kabinet Jokowi. Harapan pelaku pasar selama ini adalah, yang menduduki posisi menteri banyak dari para profesional, namun nyatanya banyak diisi dari partai politik.

"Ekspektasi pasar sudah tinggi. Berharap banyak menteri impian tapi kenyataannya ini adalah pemerintahan koalisi, banyak dari partai politik jadi belum bisa dibilang kabinet profesional," terang Fauzi.

Namun begitu, untuk posisi Menteri Keuangan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian memang sudah sesuai harapan para pelaku pasar, yang masing-masing dipimpin Bambang Brodjonegoro dan Sofyan Djalil.

"Kalau Menkeu sama Menko memang sudah sesuai ekspektasi pasar. Bambang Brodjonegoro, Sofyan Djalil memang masuk daftar calon yang diharapkan pasar, walaupun sebenarnya pelaku pasar lebih suka ke Sri Mulyani," jelas dia.

Fauzi menilai, posisi Kabinet Kerja saat ini yang masih banyak diisi partai politik memang wajar adanya karena Kabinet Indonesia Hebat (KIH) hanya menempati 43% di parlemen, sehingga perlu adanya akomodasi untuk partai-partai koalisi.

"KIH hanya 43% kursi di DPR, otomatis harus mengakomodasi yang dari partai lain," kata dia.

Selanjutnya, Fauzi menambahkan, para pelaku pasar akan melihat implementasi dari para menteri yang telah ditunjuk Jokowi. Program yang dibuktikan dengan kerja akan mendorong perekonomian menjadi lebih positif. "Ke depan harus dibuktikan dengan kerja," ujar Fauzi.

(drk/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed