Follow detikFinance
Rabu, 29 Okt 2014 13:33 WIB

Mantan Suami Menteri Susi: Saya Anggap Dia Putri Laut

- detikFinance
Mantan suami Susi Pudjiastuti, Daniel Kaiser (jas hitam), bersama tamu undangan sertijab (Foto: Wiji/detikFinance) Mantan suami Susi Pudjiastuti, Daniel Kaiser (jas hitam), bersama tamu undangan sertijab (Foto: Wiji/detikFinance)
Jakarta - Langkah Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) memilih Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan sepertinya sudah tepat. Mantan suami Susi, Daniel Kaiser, menyebutnya sebagai 'Putri Laut'.

Daniel yang datang jauh-jauh dari Swiss ke acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di kantor KKP ini mengaku hampir tidak percaya mantan istrinya itu bisa terpilih menjadi menteri di Kabinet Kerja.

"Sangat, sangat surprise dan saya ucapkan selamat untuk dia," kata Kaiser saat ditemui di Gedung Mina Bahari III, kantor pusat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Meskipun kaget dan tidak percaya, Kaiser yakin KKP akan maju di bawah kendali Susi. Susi dianggap memiliki kemampuan lebih yang tidak ada perempuan lain di Indonesia.

Ingatan Kaiser kembali terbuka saat ditanya kenangan terindah apa yang pernah didapat saat bersama Susi. Menurut, Kaiser kenangan terindahnya adalah saat bertemu Susi pertama kali hingga menikah dan melahirkan anak perempuan bernama Nadine Kaiser.

"Tahun 1991 bertemu, di Pangandaraan. Saya anggap dia putri laut. Di banyak waktu ia sangat unik. Tahun 1992 kami menikah dan 1999 kami berpisah," paparnya.

Selama 7 tahun hidup bersama, ada beberapa kenangan indah yang ia ungkapkan. Salah satunya adalah bersepeda dari Jakarta ke Pengandaran.

"Memori terbaik dengan Bu Susi adalah tinggal lama bersama di Pangandaran dan bersepeda jauh dari Jakarta ke Pangandaran," katanya.

Walaupun telah berpisah, Kaiser mengaku hubungannya dengan Susi masih akrab meskipun hanya sebatas teman. Dari Swiss, ia kerap telepon langsung Susi dan menanyakan kabar putrinya.

"Tinggal di Swiss tetapi sering sekali saya tetap berkomunikasi via telepon," katanya.

Sebelumnya saat acara sertijab dilakukan, Susi mengucapkan terimakasih kepada Kaiser yang telah datang jauh dari Swiss hanya untuk memberikan selamat kepadanya.

"Terima kasih kepada Daniel Kaiser ayah dari anak saya yang telah hadir di acara. Saya habis kata-kata dan hari ini kalian memberikan wejangan yang luar biasa," kata Susi.

(ang/hds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed