Follow detikFinance
Jumat 30 Jan 2015, 07:42 WIB

Sarana Transportasi Hyperloop Besutan 'Tony Stark' Segera Diuji Coba

Angga Aliya - detikFinance
Sarana Transportasi Hyperloop Besutan Tony Stark Segera Diuji Coba
Jakarta - Siapa tak kenal Elon Musk? Ia adalah pengusaha dan pencipta alat-alat teknologi terkemuka dunia seperti mobil Tesla dan pesawat luar angkasa komersial SpaceX.

Orang yang disebut sebagai Tony 'Iron Man' Stark di dunia nyata ini segera melakukan uji coba Hyperloop. Apakah itu Hyperloop?

Hyperloop adalah sebuah sarana transportasi berbentuk tabung yang di dalamnya tersedia tempat duduk seperti di kereta. Nah, tabung ini bergerak dengan cara 'ditembakkan' di dalam lorong panjang yang bertugas sebagai 'rel'-nya.

Konsep transportasi modern ramah lingkungan ini pertama kali ia cetuskan pada 2013 silam. Kini, Musk berniat membangun Hyperloop pertama sekaligus untuk uji coba.

"Kemungkinan besar (dibangun) di Texas (Amerika Serikat)," kata Musk seperti dikutip dari CNN, Jumat (30/1/2015).

Sarana transportasi bertenaga listrik bisa melaju sangat kencang. Bahkan Musk mengklaim, perjalanan dari Los Angeles ke San Francisco yang berjarak sekitar 558 km hanya memakan waktu setengah jam memakai Hyperloop.

Selain menghemat waktu, Hyperloop juga diperkirakan akan menghemat kantong penumpang. Harga tiketnya bisa ditekan berkat tenaga listrik yang menyerap sinar matahari.

Jika tidak ada perubahan, Musk akan membuka jalur Hyperloop di California mengikuti jalur jalan bebas hambatan Interstate 5 yang menghubungkan LA dan SF.

(ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed