Follow detikFinance
Senin, 09 Feb 2015 11:03 WIB

Hari Ini, Tol Ciawi-Sukabumi Mulai Dibangun

- detikFinance
Bogor - Hari ini, kegiatan pembangunan fisik Tol Ciawi-Sukabumi mulai dilakukan dengan ditandai pemancangan tiang perdana atau groundbreaking seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km. Total panjang tol yang akan menghubungkan Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat ini mencapai 54 km.

Kegiatan grounbreaking akan dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo selaku Investor untuk ruas jalan tol ini.

"Pelaksanaan konstruksi Tol Ciawi -Sukabumi Seksi I dilakukan mengingat proses pembebasan lahan telah rampung. Untuk seksi selanjutnya akan menunggu proses pembebasan lahan selesai," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Achmad Ghani Gazali di lokasi Groundbreaking, di pintu keluar tol di kawasan Ciawi, Bogor, Senin (9/2/2015).

Khusus untuk seksi I jalan tol ini, diperkirakan bakal menelan investasi Rp 2,9 triliun. Sementara itu, untuk total 4 seksi diperkirakan membutuhkan dana investasi Rp 7,7 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Groundbreaking ini molor dari rencana sebelumnya yang direncanakan 2013. Masa konstruksi seksi I diperkirakan bakal memakan waktu 18-24 bulan.

Kepemilikan konsesi proyek tol ini telah mengalami pemindahantangan dari yang semula dikelola oleh perusahaan Grup Bakrie lewat PT Bakrie Toll Road ke MNC Group melalui mekanisme akuisisi kepemilikan saham.

Selain Basuki Hadimuljono, hadir pula Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

(dna/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed