Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 21 Mar 2015 11:30 WIB

Kata Jonan Mirip Gedung Bioskop Lama, Pelabuhan Semayang Bakal 'Dipercantik'

- detikFinance
Balikpapan - PT Pelindo IV akan segera melakukan proses renovasi dan perluasan area pelabuhan Semayang di Balikpapan, Kalimantan Timur. Bila seluruh proses berjalan lancar, proyek ini sedianya bakal dimulai pada awal tahun 2016.

Ada dua jenis pekerjaan yang bakal dilakukan pertama adalah renovasi bangunan terminal menjadi lebih modern serta perluasan area pelabuhan dengan metode reklamasi.‎

"Sudah masuk dalam perencanaan kami bahwa renovasi akan mulai kami lakukan sekitar awal tahun 2016. Sekarang proses persiapan sedang berlangsung," tutur Direktur SDM dan UMUM PT Pelindo IV ‎Niken Probowati‎ kepada detikFinance, di Balikpapan, Jumat (20/3/2015).

Pelabuhan tersibuk di Balikpapan yang melayani rute perjalanan ke sejumlah kota di tanah air seperti Surabaya, Makasar, Pare-Pare, Mamuju, Palu, Tarakan dan Batu Licin ini bakal dibuat lebih modern dan lebih luas.

"Dari sisi fisik bangunan memang sudah harus diperbaharui. Kata Pak Jonan (Menteri Perhubungan Ignasius Jonan) seperti bioskop lama. Area komersial juga akan ditata lebih modern jadi nanti tampilannya seperti masuk Bandara," tuturnya seraya bercanda.

Untuk pekerjaan berikutnya, sambung dia, adalah reklamasi pantai untuk memperluas area pelabuhan. Saat ini, lanjut dia, area pelabuhan yang ada dinilai terlalu sempit.

"Di jam-jam sibuk banyak mobil, baik yang pribadi terutama yang angkutan barang parkir di bahu jalan di luar pelabuhan. Jadi bikin macet," tutur dia mengungkap latarbelakang dilakukannya perluasan.

Reklamasi yang akan dilakukan rencananya bisa menghasilkan daratan baru seluas 4,5 hektar. 1 haktar untuk perluasan area parkir dan sisanya yang sekitar 3,5 hektar untuk meletakan sejumlah peralatan yang mendukung proses bisnis berbasis suply. Ini adalah lini bisnis baru perusahaan pelat merah ini.

"Lahan 3,5 hektare akan dimanfaatkan sebagai areal supply base. Ini akan menjadi lini bisnis baru bagi Pelindo IV Cabang Balikpapan. Karena kan pertambangan minyak dan gas di Selat Makassar cukup besar. Ini akan jadi sangan prospektif untuk dikembangkan," papar dia.

Untuk reklamasi sendiri, saat ini sudah memperoleh izin prinsip dan akan segera ditindaklanjuti dengan perngurusan izin analisa dampak lingkungan (Amdal) dan sejumlah perizinan lain yang diperlukan. Diperkirakan bakal rampung dalam 3 bulan mendatang.

Bila seluruh perizinan selesai, pihaknya akan segera melanjutkan proses pembangunan dengan melakukan tender konstruksi dan diharapkan pekerjaan fisik bisa dimulai awal tahun 2016 bersamaan dengan pengerjaan renovasi bangunan terminal

Khusus untuk kegiatan reklamasi diperkirakan bakal menelan dana hingga Rp 120 miliar. "Di luar pengadaan barang untuk supply base dan renovasi," pungkas dia.

(dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed