Uang Pensiun PNS Tak Dibayar Bulanan, Menkeu: Di Swasta Biasa Kok

Dewi Rachmat Kusuma - detikFinance
Kamis, 26 Mar 2015 09:35 WIB
Jakarta - Pemerintah saat ini tengah membuat kajian untuk mengubah sistem pembayaran uang pensiun pegawai negeri sipil (PNS), dari yang sekarang bulanan menjadi dibayar di muka dengan jumlah yang banyak.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, sistem pembayaran uang pensiun di muka ini sudah biasa dilakukan oleh perusahaan swasta. Namun dia mengakui, sistem ini masih kajian awal pemerintah.

"Jadi masih wacana. Itu biasa kok, swasta banyak pensiunnya dibayar di muka. Artinya kayak semacam pesangon atau uang pensiun sekalius. Sekali saja," jelas Bambang saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu malam (25/3/2015).

"Kalau uang pensiun sekarang kan sampai orang itu meninggal, jandanya masih terima jadi panjang. Ketidakpastian lebih tinggi," imbuh Bambang.

Memang tujuan pemerintah mengubah sistem uang pensiun PNS ini adalah agar tidak menjadi beban anggaran negara yang jumlahnya makin besar. Selain itu, manfaat yang diterima oleh PNS juga banyak. Uang pensiun yang jumlahnya besar diterima di muka, bisa menjadi modal bagi pensiunan, contohnya untuk modal usaha.

"Tapi belum ada keputusan apa-apa. Harus melakukan kajian beberapa opsi," ujar Bambang.

(dnl/ang)