Gaji Masinis KRL Lulusan SMA Bisa Rp 9 Jutaan/Bulan

ADVERTISEMENT

Gaji Masinis KRL Lulusan SMA Bisa Rp 9 Jutaan/Bulan

- detikFinance
Sabtu, 18 Apr 2015 09:27 WIB
Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek terus menambah armada kereta untuk mendukung layanan KRL. Tahun ini saja, KCJ menerima limpahan dari sang induk sebanyak 160 masinis baru.

Masinis yang rata-rata lulusan SMK/SMA tersebut telah melewati seleksi ketat. Usai menjalani pendidikan, masinis muda tersebut langsung menerima tugas menjadi 'sopir' KRL.

Meski berusia muda, seorang masinis bisa memperoleh gaji fantastis. Gaji yang diterima berkisar Rp 6 juta hingga Rp 9 juta per bulan.

"Itu sudah termasuk tunjangan risiko, kesehatan. Gaji mereka sesuai dengan risiko. Mereka kan bawa 1.000-an orang sekali jalan," kata Humas KCJ Eva Chairunnisa kepada detikFinance Jumat (17/4/2015).

Untuk menjadi seorang masinis, para calon masinis harus menjalani seleksi yang ketat. Apalagi risiko seorang masinis termasuk tinggi karena membawa banyak penumpang sekali jalan.

"Tesnya banyak. Ada tes kesehatan, tes fisik, tes psikologi, mental, dan lain-lain," ujarnya.

Dari masinis yang diterima, Eva menjelaskan belum ada masinis dari kaum hawa. Alasannya pernah ada 9 kandidat masinis wanita namun mereka tidak lolos pada salah satu tes.

"Mereka sekarang ditempatkan di bagian manajerial bukan sebagai masinis," tuturnya.

(feb/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT