Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 30 Apr 2015 17:54 WIB

Jokowi Bangun Tol Solo-Kertosono, Gubernur Soekarwo: Masyarakat Bersyukur Betul

- detikFinance
Ngawi - Tiba pukul 17.00 WIB, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pemancangan tiang pertama (groundbreaking) proyek tol Solo-Kertosono 177 km. PT Jasa Marga Tbk, dan Waskita Karya Tbk menjadi pelaksana proyeknya.

Acara ini digelar di tengah area persawahan di Desa Klitik, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuk Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

"Masyarakat bersyukur betul ada groundbreaking seperti ini," ujar Soekarwo, Kamis (30/4/2015).

Di depan Jokowi, Soekarwo melaporkan, proyek jalan tol yang ada di Jawa Timur sudah ada sepanjang 600 km lebih. Namun yang beroperasi baru 96 km. Proyek tol Kertosono ini merupakan bagian dari Trans Jawa yang terbagi menjadi 2 ruas, Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono.

"Dapat kami laporkan juga, Mantingan-Kertosono sudah 73% (lahan) yang kita bebaskan. Kertosono-Mojokerto sudah bebas lahan 90% lebih," papar Soekarwo.

Soekarwo mengatakan, masyarakat Jawa Timur bersyukur. Karena bila tol ini jadi, ongkos distribusi barang akan menjadi lebih murah.

"Nilai tukar petani akan lebih lebih naik. Karena selama ini tingginya harga pangan itu tidak dirasakan petani, tapi habis untuk ongkos transportasi. Dengan ini makanya diharapkan petani lebih merasakan, petani lebih makmur," papar Soekarwo.

"Saya juga berdoa. Mudah-mudahan Bapak-Bapak sehat dan panjang umur, sehingga tol lain juga bisa dipercepat," tutup Soekarwo.

(dna/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed