Mentan Amran Rombak Jajaran Pejabat Tinggi Kementan

- detikFinance
Senin, 01 Jun 2015 12:43 WIB
Jakarta - Hari ini, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman merombak beberapa pejabat baru eselon I Kementerian Pertanian (Kementan). Perombakan para pejabat didahului oleh lelang terbuka sesuai Keputusan Presiden (Kepres) No. 17/2015.

"Tahapan ini tindak lanjut seleksi jabatan eselon I dengan ditetapkannya Kepres No. 17 tanggal 26 Mei 2015. Masih ada 4 jabatan yang masih menunggu pengesahan Bapak Presiden. Ini pertama kali Kementerian Pertanian melakukan seleksi terbuka dengan mekanisme lelang dan berlangsung sukses," kata Amran di Gedung Kementan kawasan Ragunan, Jakarta, Senin (1/6/2015).

Ada 6 nama para pejabat eselon I yang dilantik hari ini adalah:

  • Sputnik Sujono Kamino dilantik sebagai Dirjen Hortikultura,
  • Pending Dadih Permana sebagai Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM,
  • Justan Riduan Siahaan sebagai Inspektur Jenderal,
  • Muhammad Syakir sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian,
  • Muladno sebagai Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan,
  • Banun Harpini sebagai Kepala Badan Karantina Pertanian.
Di dalam kata sambutannya, Amran berpesan bila swasembada pangan seperti beras, jagung dan kedelai masih menjadi target utama kementeriannya. Di samping itu peningkatan produksi komoditas-komoditas yang dianggap penting seperti bawang merah, cabai, kakao, dan karet. Kemudian pesan lainnya yang disampaikan Amran adalah optimalkan serapan anggaran untuk memprioritaskan kegiatan nyata dari APBN P.

"Target pada bulan Juli 2015 (harus sudah) terserap 60% dari anggaran," kata Amran.

Lalu program lain yang diarahkannya adalah mensukseskan UPSUS tanam jagung dan kedelai, penanganan khusus atasi kekeringan di lahan kering dan lahan rawan kekeringan, penanganan gejolak harga-harga pangan khususnya jelang puasa dan hari raya Idul Fitri serta disiplin dalam bekerja.

"Harus capai target dan upayakan untuk lampaui target agar memenuhi kebutuhan nasional dan terwujud ketahanan pangan. Lakukan evaluasi, kerja cerdas, kerja keras dan kerja jelas," pesan Amran kepada para pejabat eselon I yang dilantik.



(Wiji Nurhayat/Rista Rama Dhany)