Follow detikFinance
Rabu 03 Jun 2015, 21:48 WIB

Menhub Jonan Tegur Garuda Soal Pesawat Tergelincir

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Menhub Jonan Tegur Garuda Soal Pesawat Tergelincir
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menegur maskapai nasional, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Garuda ditegur karena armada pesawatnya 2 kali mengalami insiden tergelincir.

Insiden tersebut terjadi di Bandara Internasional Lombok dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Insiden terjadi berselang dalam kurun waktu beberapa bulan berturut-turut.

"Saya minta ke Dirut Garuda untuk di-review lagi operasi seperti jadwal cockpit crew dan briefing supaya nggak terjadi hal yang nggak diharapkan yakni dua kali selip. Pertama di Lombok. Kemudian 1 hari lalu di Makassar," kata Jonan di Kemenhub, Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Atas kejadian tersebut, Kemenhub sedang melakukan investigasi. Bila hasil investigasi menyebutkan terjadi kesalahan dari sisi operasi maskapai maka Garuda harus melakukan tindakan korensi segera.

"Ini diperiksa. Kalau hasi investigasi menunjukkan dia lalai, maka nanti dikasih surat corrective action," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Jonan menyebut maskapai sekelas Garuda seharusnya memiliki direksi yang khusus menangani standar keselamatan. Standar keselamatan, kata Jonan, dinilai prioritas utama dalam industri transportasi.

"Sebesar dia harus ada safety director. Kalau overrun, dia rugi. Kehilangan kesempatan pendapatan. Pesawat nggak bisa terbang dalam waktu tertentu," ujarnya.

(feb/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed