Follow detikFinance
Jumat, 12 Jun 2015 17:46 WIB

Ini Alasan Jokowi Gratiskan Motor Melintas di Tol Suramadu

Dana Aditiasari - detikFinance
Jakarta - Presiden Jokowi mengeluarkan beberapa kebijakan baru soal pelayanan tol di Indonesia. Selain kebijakan diskon 25%-35% saat masuk tol selama musim mudik, ada juga kebijakan gratis masuk tol khusus motor yang masuk Tol Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

"Presiden Jokowi mengumumkan pemberlakukan pembebasan biaya Tol Jembatan Suramadu bagi kendaraan bermotor roda dua. Pembebasan yang mulai diberlakukan pada 13 Juni 2015 pukul 00.00 WIB tersebut, dimaksudkan untuk mendukung mobilitas masyarakat dari Pulau Jawa ke Pulau Madura dan sebaliknya," kata Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki dalam keterangannya, Jumat (12/6/2015).

"Presiden meminta baik masyarakat Surabaya maupun Madura untuk memanfaatkan pembebasan biaya ini sekaligus juga meminta agar masyarakat di kedua wilayah tersebut memelihara Jembatan Suramadu dengan sebaik-baiknya," tutupnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan langkah ini ditempuh setelah ada komunikasi dengan para tokoh Madura terkait upaya percepatan pemerataan pembangunan.

"Kan waktu itu kita dapat kunjungan dari tokoh dari Madura. Kemudian ada harapan yang untuk motor kalau bisa digratiskan. Saya komunikasi ke Pak Presiden dan beliau setuju," ujar Basuki dihubungi detikFinance, Jumat (12/6/2016).

Para tokoh pembangunan Madura tersebut memberikan pertimbangan bahwa banyak pedagang asal Madura yang mencari nafkah di Surabaya setiap harinya lewat Tol Jembatan Suramadu.

"Mereka (Pedagang) berangkat pagi, pulang sore untuk berdagang. Kalau bisa digratiskan kan mereka bisa menghemat biaya‎. Paling tidak bisa membantu ekonomi masyarakat," kata Basuki.

Langkah ini pun, diharapkan bisa mendukung fungsi utama Jembatan‎ Suramadu sebagai komponen utama pemerataan pembangunan Jawa dan Madura.‎

Jembatan Suramadu memiliki panjang 5,4 Km dengan lebar mencapai 30 meter dan menghubungkan antara Surabaya dengan Pulau Madura.

Jembatan Suramadu yang menelan biaya investasi sebesar Rp 4,5 triliun ini diharapkan bisa menjadi komponen penting percepatan pemerataan pembangunan antara Pulau Jawa khusunya Surabaya dengan Madura.

Tarif Tol Pada Jalan Tol Jembatan Suramadu, Golongan I (mobil) adalah sebesar Rp 30.000, golongan II Rp 45.000, golongan III sebesar Rp 60.000 dan golongan IV sebesar Rp 75.000. Sementara itu khusus sepeda motor sebesar Rp 3.000.‎



(dna/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed