Follow detikFinance
Sabtu, 13 Jun 2015 10:25 WIB

Tekan Sirine, Jokowi Resmikan Tol Cikopo-Palimanan Terpanjang di RI

Dana Aditiasari - detikFinance
Purwakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat Sabtu, 13 Juni 2015, hari ini. Suara sirine yang ditekan Jokowi menandai resmi beroperasinya jalan tol sepanjang 116,754 km ini.

Jalan tol sepanjang 116,75 kilometer ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa. Jalan Tol Cikopo-Palimanan melintasi 5 kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon, yang total biaya pembangunannya Rp 13,779 triliun.

"Dengan adanya jalan tol baru ini, akan meningkatkan daya saing kita. Karena konektivitas memegang peran penting pada percepatan arus barang dan jasa dan pemerataan ekonomi," kata Jokowi dalam sambutannya di Pintu Tol Cikopo, Purwakarta, Sabtu (13/6/2015).

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Jalan Tol Cikopo – Palimanan merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa dan akan menghubungkan Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Jalan Tol Palimanan – Kanci, Kanci-Pejagan Pejagan-Pemalang dan seterusnya sampai Semarang Solo, Mojokerto hingga Surabaya.

"Dengan beroperasinya Jalan Tol Cikopo- Palimanan akan mengurangi jarak tempuh jalur Pantura sepanjang kurang lebih 40 km dan mengurangi waktu tempuh selama kurang minimal 2 jam," tutur Basuki.

Hal ini diharapkan dapat menyelesaikan sebagian besar permasalahan prasarana jaringan jalan khususnya di wilayah Pantura Jawa Barat dan juga mendukung mobilitas di wilayah barat Pulau Jawa dan mendukung perkembangan potensi ekonomi Jawa Barat.

Jalan Tol Cikopo – Palimanan dibiayai dengan Skema Private Public Partnership (PPP) alias Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan jalan serta mendorongpengembangan kawasan pendukung di wilayah Jawa Barat.


Hadir dalam acara peresmian ini antara lain, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zahrain, Ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Ferry Mursyidan Baldan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan lain-lain.




(dna/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed