Follow detikFinance
Rabu 08 Jul 2015, 12:18 WIB

Gandeng Korsel, Menteri PU Belajar Sistem Pengawasan Bendungan

Dana Aditiasari - detikFinance
Gandeng Korsel, Menteri PU Belajar Sistem Pengawasan Bendungan
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan Korea Water Resources Corporation (K-Water) sebuah BUMN Korea yang fokus pada pengembangan sumberdaya air.

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan pihak Pemerintah Korea Selatan (Korsel) saat menyambangi negeri ginseng tersebut beberapa waktu lalu.

Kerjasama yang diteken hari ini berkaitan dengan pembangunan pusat pengawasan ‎sistem pengelolaan sumberdaya air yang ada di Indonesia, termasuk sistem bendungan.

"Saat ini Indonesia punya sekurang-kurangnya 230 buah bendungan yang butuh pengawasan ekstra. Saya harap, dengan kerjasama ini bisa didapatkan pola pengelolaan sumberdaya air yang baik di Indonesia," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat penandatanganan kerjasama, Rabu (8/6/2015).

Menurut Basuki, sistem pengawasan ekstra sangat dibutuhkan karena kebanyakan bendungan yang ada di Indonesia berada di wilayah terpencil yang sulit diawasi.

Lewat kerjasama ini, akan dibangun sebuah pusat pengawasan berbentuk ruangan pengawas yang dilengkapi dengan teknologi monitoring mirip Traffic Management Centers (TMC) milik Polda Metrojaya.

"Jadi kita bisa pantau bendungan-bendungan kita itu dari satu tempat. Mengetahui bendungan ini kondisinya gimana? Bendungan itu kondisinya gimana? Jadi kita bisa menerapkan kebijakan lebih awal," tuturnya.

Penandatanganan ini sendiri dilakukan Direktur Jenderal Kerjasama Bisnis Luar Negeri Korea Kim Soo Myung dengan Direktur Jenderal Sumberdaya Air Kementerian PUPR Indonesia Mudjiadi.

Mudjiadi mengatakan, tahap awal kerjasama ini akan melingkupi pengawasan bendungan. "Nanti ke depannya akan dikembangkan ke pengawasan infrastruktur lain seperti pintu air di Katulampa (Bogor)," katanya.

(dna/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed