Follow detikFinance
Rabu, 15 Jul 2015 14:54 WIB

Selain DKI, Surabaya Hingga Palembang dan Bandung yang Peduli Angkutan Massal

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Jakarta -

Pengembangan moda transportasi massal berbasis rel hingga kendaraan bus sudah sangat diperlukan di kota-kota besar di Indonesia. Alasannya, jumlah penduduk dan kepemilikan kendaraan semakin bertambah sehingga memicu kepadatan lalu lintas sedangkan kapasitas jalan terbatas.

Namun dari kota-kota besar di tanah air, baru 4 kota ataupun provinsi yang sudah peduli dan serius mengembangkan moda transportasi massal. Pertama, Jakarta kini telah dan sedang membangun moda transportasi massal seperti Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), hingga Bus Rapid Transit (BRT) alias jaringan Bus Trans Jakarta.

Selain Jakarta, Kota Besar seperti Surabaya, Bandung dan Palembang juga sedang serius mengembangkan moda transportasi massal seperti monorel, trem hingga LRT.

"Selain Jakarta, baru Surabaya, Bandung, sama Palembang yang concern," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Sugiadi Waluyo kepada detikFinance, Rabu (15/7/2015).

Untuk angkutan massal berbasis rel, Bandung sedang memulai pengembangan moda seperti monorel. "Bandung, sudah mulai ya dan sedang dalam proses," ujarnya.

Sementara, Surabaya kini masuk dalam proses pembangunan angkutan rel dengan konsep trem. Untuk Palembang, Sugiadi menyebut Pemerintah Provinsi akan membangunan kereta LRT dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang ke Stasiun Jakabaring Palembang.

"Kemudian Palembang, dia bikin LRT dalam rangka menyambut Asian Games. Dia bangun LRT dari bandara sampai Jakabaring. Ini dalam proses," ujarnya.

(feb/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed