Apa Bedanya Sepatu Nike <i>Made in</i> Tangerang dengan Vietnam?

ADVERTISEMENT

Apa Bedanya Sepatu Nike Made in Tangerang dengan Vietnam?

Zulfi Suhendra - detikFinance
Jumat, 31 Jul 2015 18:45 WIB
Jakarta -

Selain di Indonesia, pabrik sepatu Nike juga dibuat di negara-negara lain termasuk Asia. Di Asia, ada sejumlah negara yang memproduksi sepatu bermerek terkenal ini, contohnya Vietnam dan China. Apa bedanya?

Salah satu produsen sepatu Nike di Indonesia adalah PT Adis Dimension Footwear, yang berlokasi di Balaraja, Tangerang. Chairman Adis, Harijanto menganggap dua negara tersebut adalah saingannya.

"Kita saingannya cuma dua negara itu, soal garmen dan sepatu itu. Kita cost production lebih mahal, tapi kalau dengan China kita hampir sama," tuturnya kala ditemui di lokasi pabrik, Jumat (31/7/2015).

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang membuat biaya produksi di Indonesia cukup tinggi, di antaranya insentif yang diberikan pemerintah, hingga produktivitas. Biaya produksi yang mahal, lanjut Harijanto, berdampak pada harga sepatu.

"Kalau dengan Vietnam dia lebih murah, sekitar 10-15%," katanya.

Tapi jika dilihat berdasarkan kualitas produk, sepatu buatan Indonesia tak bisa dianggap sebelah mata. Menurutnya, produk sepatu Nike buatan Tangerang ini kualitasnya lebih baik.

"Keunggulan kita itu di kualitas jahit. Workmanship kita lebih rapi. Di sana memang cepat produktivitas tinggi, kita tertinggal, tapi output dari itu kualitas kita lebih baik," tuturnya.

Direktur Manufaktur Adis, Dedi Nuryadi mengatakan hal senada. Dia menyebutkan, kualitas sebenarnya sudah ditentukan pemegang merek, yang diberi nama Manufacturing Index Score. Standar yang biasa disebut MI Score tersebut dibagi menjadi 4 kriteria, yakni yang terjelek Red, Bronze, Silver hingga yang terbaik adalah Gold.

"Kita sekarang di Silver, kita sedang menuju ke Gold, nanti bisa Gold," tutupnya.

(zul/drk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT