Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 24 Agu 2015 16:05 WIB

Bos Pelindo II Punya 15 Kesepakatan dengan Menhub Jonan

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Jakarta - Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) RJ Lino kerap berseberangan pendapat dengan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Namun keduanya telah bertemu dan telah menghasilkan 15 poin kesepakatan.

Lino mengungkapkan, dirinya dan Jonan sudah bertemu 4 hari lalu. Lino mengaku menyambangi kantor Jonan untuk menyamakan pandangan terkait kepelabuhan.
 
"Pak Jonan itu teman saya dari dulu. Anda saja yag ngadu. Pada pertemuan 4 hari lalu. Ada 15 poin pembicaraan saya dengan Pak Jonan. Yang selama ini, seolah-olah ada perbedaan mendasar saya dengan Pak Jonan. Saya selesaikan semua," Kata Lino pada acara ngobrol bareng soal pelabuhan di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/8/2015).

Lino mengaku ada 15 poin yang disepakati antara dirinya dan Jonan. Salah satunya, ribut-ribut mengenai kerjasama perpanjangan konsesi Jakarta International Container Terminal (JICT) yang dilakukan antara Pelindo II dan Hutchison Port Holdings Limited, Hong Kong.

"Isu-isu itu nggak muncul lagi mengenai JICT, konsesi, mengenai izin bongkar buat, konsesi 35 pelabuhan, reklamasi tahap 2," ujarnya.

Lino berkesan pada pertemuannya tersebut. Alasannya, pertemuan tersebut hanya berlangsung selama 1 jam namun menghasilkan kesamaan pandangan dalam berbagai hal.

"Kita sepakati semua. Bedanya apa, kita sepakati. Yang surprise, hanya 1 jam. Saya dan Pak Jonan menyelesaikan hampir 15 item," ujarnya.

Dengan adanya kesepakatan itu, Lino optimis program tol laut atau angkutan laut berjadwal dari Sabang sampai Merauke bisa dipercepat.

"Kita ke depan nggak perlu spending energi untuk hal yang nggak perlu. Mudah-mudahan semua sama bantu agar tol laut selesai. Dan nggak ada perbedaan mendasar," sebutnya.

Di tempat yang sama, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby Mamahit mengaku sebagai saksi pada pertemuan tersebut.

Meski hadir, Bobby tidak membuka secara detail isi pertemuan antara Jonan dan Lino.

"Saya saksi hidup pertemuan antara Pak Lino dan Pak Jonan. Sampai-sampai bulu kuduk saya merinding saat itu," ujar Bobby.

(feb/rrd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com