Kurang dari 1 Jam, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Maksimal Melesat 350 Km/Jam

Suhendra - detikFinance
Selasa, 01 Sep 2015 12:24 WIB
Jakarta - Sampai saat ini belum ada kepastian kereta cepat apa yang akan ditawarkan China dan Jepang untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung 150 km. Namun kedua negara masing-masing punya jenis kereta cepat yaitu China dengan CRH380A dan Jepang dengan Shinkansen E5.

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (1/9/2015), kedua jenis kereta ini akan beroperasi dengan ketentuan ambang batas kecepatan kurang dari 250 km/jam hingga bisa melesat maksimal 350 km/jam. Sehingga Jakarta-Bandung bisa ditempuh dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam.

Perbedaan ambang batas ini karena mempertimbangkan tingkat kepadatan pemukiman dan kondisi topografi di sekitar lintasan kereta cepat. Perbedaan ambang batas kecepatan akan berpengaruh pada rel yang akan dipakai. Untuk jalur rel yang dipakai untuk kecepatan di bawah 250 km/jam maka pakai teknologi ballasted track type, dengan kecepatan di atas 250 km/jam harus memakai teknologi ballastless track type.

Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung akan terdiri dari 3 seksi, masing-masing seksi memiliki batas ambang kecepatan. Estimasi jalurnya dari Gambir-Cikarang-Bandung Selatan-Gedebage.

  1. Seksi I dari Gambir-Cikarang panjang lintasannya 31,2 Km dengan ambang kecepatan di bawah 250 km/jam
  2. Seksi II dari Cikarang-Bandung Selatan panjang lintasannya 84 km, di jalur ini kereta cepat bisa melesat dari 250 km/jam hingga 350 km/jam atau lintasan yag paling cepat.
  3. Seksi II dari Bandung Selatan-Gedebage panjang lintasannya 35,3 km, kereta hanya bisa melesat di bawah kecepatan 250 km/jam.
(hen/rrd)