Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Sep 2015 15:10 WIB

Di Balik Nama Bor Raksasa 'Antareja' Pemberian Jokowi

Ray Jordan - detikFinance
foto: mesin bor 'Antareja' foto: mesin bor 'Antareja'
Jakarta -

Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan pengeboran pertama untuk jalur bawah tanah (underground) proyek Mass Rapid Transit (MRT) di Bundaran Senayan, Jakarta. Mesin bor 'raksasa' bernama 'Antareja' yang berdiameter 6,7 meter dan panjang 43 meter itu dinamakan langsung oleh Jokowi.

Apa alasan Jokowi menamakan Tunnel Boring Machine (TBM) dengan nama Antareja?

Saat ditanya, Jokowi mengatakan nama Antareja diambil dari salah satu karakter pewayangan di Jawa.

"Kamu harusnya ngerti. Karena kamu nggak ngerti, tanya ke yang ngerti ke pewayangan, siapa Antareja. Yang jago ambles bumi ya Antareja itu," ujar Jokowi di Stasiun Bundaran Senayan, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Mesin bor produksi Japan Tunnel Systems Corporation (JTSC) itu untuk pertama kalinya bakal melubangi tanah di bawah Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin, Jakarta dari September 2015 sampai Desember 2016.

Setidaknya, kontraktor MRT Jakarta akan mengoperasikan 4 bor Antareja. Mesin bor pertama akan ditempatkan dari titik proyek MRT di Patung Pemuda Senayan.

"Mesin bor yang dioperasikan memiliki diameter kurang lebih 6,7 meter, total panjang sekitar 43 meter, dan bobot mencapai sekitar 323 ton, mulai dari bagian kepala (cutterhead) hingga bagian akhir (backup cars). TBM ini mampu melakukan pengeboran terowongan jalur bawah tanah MRT dengan kecepatan sekitar 8 meter per hari," kata Dirut PT MRT Jakarta Dono Bustami.

Dikutip dari berbagai sumber, Antareja memiliki nama lain yakni Anantaraja. Dalam bahasa Jawa, Anantaraja merupakan salah satu tokoh pewayangan yang tidak terdapat dalam Mahabharata karena ia merupakan ciptaan para pujangga Jawa.

Antareja merupakan putra sulung Wrekodara atau Bimasena, dari keluarga Pandawa.

Antareja memiliki Ajian Upas Anta pemberian Hyang Anantaboga. Lidahnya sangat sakti, makhluk apapun yang dijilat bekas telapak kakinya akan menemui kematian. Anatareja berkulit Napakawaca yang kebal terhadap senjata.

Ia juga memiliki cincin Mustikabumi, pemberian ibunya yang mempunyai kesaktian. Cincin ini mampu menjauhkan Antareja dari kematian selama masih menyentuh bumi maupun tanah, dan dapat digunakan untuk menghidupkan kembali kematian di luar takdir. Kesaktian lain Anantareja yakni dapat hidup dan berjalan di dalam bumi.

(rjo/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com