Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Sep 2015 16:30 WIB

Ada MRT, Lebak Bulus-Bundaran HI Hanya 30 Menit

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
ilustrasi suasana stasiun elevated MRT (dok: MRT Jakarta) ilustrasi suasana stasiun elevated MRT (dok: MRT Jakarta)
Jakarta - Kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta direncanakan beroperasi di 2018. MRT fase I sendiri membentang dari Lebak Bulus di Jakarta Selatan menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta Pusat.

Saat beroperasi, kereta MRT mampu menempuh perjalanan selama 30 menit, dari Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 15,7 kilometer (km). Bila dibandingkan dengan kendaraan pribadi, rute tersebut bisa ditempuh 1 jam lebih. Sepanjang jalur MRT fase I dikenal sebagai salah satu jalan macet di Jakarta.

"Waktu tempuh dari Lebak Bulus ke Bundaran HI kurang lebih 30 menit," kata Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Hikmat, kepada detikFinance, Selasa (22/9/2015).

Pada jalur MRT Jakarta fase I, setidaknya terdapat 13 stasiun. Stasiun tersebut terdiri dari 6 stasiun yang dibangun di bawah tanah (underground) sepanjang 6,81 km, dan 7 stasiun dibangun melayang (elevated) sepanjang 8,9 km.

Nama-nama stasiun MRT Jakarta fase I, antara lain Stasiun Lebak Bulus-Stasiun Fatmawati-Stasiun Cipete Raya-Stasiun Haji Nawi-Stasiun Pasar Blok A-Stasiun Blok M-Stasiun Sisingamangaraja-Stasiun Bundaran Senayan-Stasiun Gelora Bung Karno-Stasiun Benhil-Stasiun Setiabudi-Stasiun Dukuh Atas-Stasiun Bundaran HI.

Selain waktu tempuh lebih cepat, jaringan MRT Jakarta akan terkoneksi dengan moda transportasi massal yang telah ada, atau akan dibangun di dalam kota Jakarta. MRT Jakarta akan terhubung moda Trans Jakarta, KRL Commuter Jabodetabek hingga Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

"Seperti di Stasiun Dukuh Atas. Di sana ada KRL, Bus Trans Jakarta dan Kereta Bandara," ujarnya.

(feb/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com