Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Sep 2015 09:32 WIB

MRT Jakarta Pakai Kereta Made In Jepang dan Tanpa Masinis

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Jakarta - PT MRT Jakarta selaku pengelola dan pengembang angkutan massal berbasis kereta (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta, akan mengoperasikan 96 kereta untuk rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI), sepanjang 15,7 kilometer (km). Kereta tersebut nantinya akan dipasok dari perusahaan asal Jepang, Sumitomo Corporation.

"Kereta listrik ada 16 set. 1 tain set serdiri dari 6 gerbong. Sebanyak 14 set untuk operasi dan 2 set untuk cadangan," kata Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Hikmat, kepada detikFinance, Selasa (22/9/2015).

Kereta tersebut akan melayani warga Jakarta mulai 2018. Kereta MRT yang dipasok Sumitomo menggunakan standar STRASYA atau Standard Urban Railway System for Asia. Selain itu, kereta tersebut juga menggunakan sistem Automatic Train Protection dan Automatic Train Operation.

Artinya, kereta mampu beroperasi secara otomatis tanpa masinis. Perjalanan kereta akan dikendalikan dari pusat kontrol (OCC) di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Total nilai proyek untuk pekerjaan pengadaan rolling stock (kereta) menggunakan 2 mata uang yakni 10,83 miliar yen dan Rp 145,42 miliar.

(dnl/rrd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com