Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Okt 2015 16:49 WIB

Benahi Ekonomi, Jokowi: Mungkin 100 Sampai 200 Paket Kebijakan Kita Luncurkan

Maikel Jefriando - detikFinance
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) menggelar rapat kabinet terbatas untuk membahas paket kebijakan ekonomi jilid V. Turut hadir juga Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Haddad.

"Rapat sore ini akan dibahas langkah lanjutan, paket kebijakan ekonomi yang sebelumnya sudah dilakukan yang pertama sampai keempat. Kita lihat sudah memberikan terobosan yang baik stimulus jangka pendek, maupun insentif jangka menengah dan jangka panjang," kata Jokowi membuka rapat di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (22/10/2015)

Menurutnya, paket kebijakan tersebut akan terus diluncurkan‎ untuk bisa mencapai fundamental ekonomi yang kuat. Di mana Indonesia tidak lagi sebagai negara yang konsumtif dan hanya mengandalkan ekspor Sumber Daya Alam (SDA) mentah.

"Kita melangkah bersama dan saya ingin langkah-langkah terobosan ini bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi, perekonomian nasional oleh sebab itu paket akan terus kita lanjutkan bersama-sama dengan bank indonesia, bersama-sama dengan OJK," paparnya.

Hari ini akan diluncurkan paket kebijakan jilid V. Pemerintah akan konsisten untuk mengeluarkan paket‎-paket kebijakan selanjutnya. Bahkan mungkin saja akan ada ratusan paket kebijakan.

"Paket 1, 2, 3, 4, 5 nanti 6, 7, 8, mungkin nanti sampai 100 sampai 200. Tapi yang jelas konsistensi kita saat ini adalah ingin memberikan kesan yang kuat bahwa kita tengah melakukan transformasi fundamental ekonomi nasional yang tentu saja kita ingin agar masyarakat dan pelaku usaha tahu bawah kita akan terus menerus bekerja untuk mereformasi regulasi maupun debirokratisasi," terang Jokowi.

(mkl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com