Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Nov 2015 17:28 WIB

Perwakilan Bank Dunia: Kami Ingin Indonesia Melanjutkan Kerjasama Satu Dekade Lagi

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Perwakilan Bank Dunia Bertemu Wapres JK Perwakilan Bank Dunia Bertemu Wapres JK
Jakarta -

Bank Dunia menawarkan kerjasama berkelanjutan dengan Indonesia. Lembaga keuangan internasional itu menilai Indonesia sebagai pemegang saham terpenting dan sukses mengurangi angka kemiskinan.

"Kami ingin Indonesia dapat melanjutkan kerja sama untuk satu dekade lagi. Kemitraan kita sudah berjalan selama enam dekade. Kami akan berikan dukungan untuk mengurangi kemiskinan," kata Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk Jerman, Ursula Mueller, di Kantor Wakil Presiden (Wapres), Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (12/11/2015).

Namun, Ursula enggan menjawab saat ditanya pendapatnya tentang kondisi keuagan Indonesia dan pengaruhnya terhadap kemitraan dengan Bank Dunia. Ursula juga menolak menjawab saat ditanya wujud konkrit kerjasama yang ditawarkan Bank Dunia ke Indonesia.

Kedua pertanyaan itu akhirnya dijawab Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk Amerika Serikat, Matthew McGuierre.

"Kami menghargai Indonesia sebagai mitra terpercaya kami. Untuk itu kami menawarkan bantuan, melanjutkan kerja sama yang sudah ada," tutur Matthew.

Pertemuan antara Wapres Jusuf Kalla dengan perwakilan Bank Dunia berlangsung secara tertutup selama satu jam. Wapres didampingi oleh tim ahli dan staf dalam pertemuan siang tadi.

Perwakilan Bank Dunia selain Ursula dan Matthew adalah Rodrigo Chaves (Country Director untuk Bank Dunia di Indonesia), Sarvesh Suri (Country Director Bank Dunia Indonesia), Sung Soo Eun (Direktur Eksekutif untuk Korsel), Jose Rojas (Direktur Eksekutif untuk Venezuela), Claudiu Doltu (Direktur Eksekutif Alternatif untuk Rumania, Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Israel, Belanda), Nuno Monta Pinto (Direktur Eksekutif Alternatif untuk Portugal, Albania, Yunani, Italia, Timor Leste, dan Gulsum Yazganarikan (Direktur Alternatif Eksekutif untuk Turki, Austria, Belarusia, Luxemburg).

(bpn/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com