Follow detikFinance
Jumat, 13 Nov 2015 14:08 WIB

Pemasangan Pertama Rel Kereta Trans Sulawesi Dimulai Hari Ini

Muhammad Nur Abdurrahman - detikFinance
Barru - Rel kereta api Trans Sulawesi di jalur rel kereta api Makassar-Barru mulai dipasang hari ini, Jumat (13/11/2015). Pemasangan rel pertama dilakukan di Desa Lalabata, Kecamatan Taneterilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Acara ini disaksikan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwiatmoko, Gubernur Sulsel Syahrul YL dan Plt. Bupati Barru AM Yamin. Rel kereta ini menandai dimulainya lagi perkeretaapian di Sulawesi setelah berpuluh-puluh tahun tak punya jaringan kereta.

Rencananya, pada akhir Desember 2015 nanti, rel yang telah terpasang sepanjang 16,1 km dari Barru ke Parepare, dari total panjang jalur rel Makassar-Parepare 145 km.

Groundbreaking rel kereta api Makassar-Pare Pare di Sulawesi Selatan sudah berlangsung pada 12 Agustus 2014. Jalur kereta api rute Makassar-Pare Pare memiliki panjang 145,23 kilometer (km).

Berdasarkan beberapa sumber, jalur kereta api pertama di Sulawesi dibangun Makassar-Takalar sepanjang 47 km. Jalur pertama kereta api di Sulawesi ini dioperasikan sejak Tanggal 1 juli 1923.

Pemerintah Hindia Belanda melalui NV NISM kembali membuat rute kereta api dari Makassar Ke Maros, namun rute Makassar-Maros belum sempat selesai. Kemudian jalur kereta api di Sulawesi dimatikan oleh pemerintah pendudukan Jepang. Jepang membawa rel dan kereta Sulawesi ke Mnyanmar untuk kepentingan perang.



(mna/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed