Follow detikFinance
Sabtu 12 Dec 2015, 19:48 WIB

Hadapi MEA, Jokowi Siapkan Rp 313 Triliun untuk Infrastruktur

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Hadapi MEA, Jokowi Siapkan Rp 313 Triliun untuk Infrastruktur
Jakarta -

Ajang Masyarkat Ekonomi ASEAN atau sering disebut MEA mulai bergulir tahun depan. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) Indonesia harus siap menghadapi MEA, salah satunya dengan membangun infrastruktur dasar.

Oleh sebab, pemerintah akan menyiapkan dana ratusan triliun untuk membangun infrastruktur dalam rangka menghadapi MEA.

"Menyambut era persaingan di MEA, kita fokus di Infrastruktur. Kita siapkan Rp 313 Triliun, ini angka yang sangat gede," ujar Jokowi di acara Kongres Persatuan Insinyur Indonesia di Hotel Sari Pan Pacific, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (12/12/2015).

Jokowi mengatakan, dana sebesar itu antara lain akan dipakai untuk pembangunan jalan dan rel kereta api. Jokowi menyebut beberap proyek jalan seperti proyek jalan tol Trans Sumatera, tol Trans Kalimantan, dan tol Manado-Bitung. Menurut Jokowi, selama ini pembangunan jalan tol tidak pernah berkembang melampaui 1000 kilometer

"Dari Merdeka sampai sekarang kita cuma bangun tol 800 kilometer, saya sampaikan 5 tahun minimal 1000 kilometer," tegas Jokowi

Selain itu, Jokowi menyebut pula sejumlah proyek kereta seperti kereta Trans Sumatera. Menurut Jokowi, dirinya memantau setiap proyek itu dengan seksama. Selain itu, kata Jokowi, dia baru datang untuk melakukan groundbreaking jika proyek infrastruktur sudah berjalan proses pengerjaannya.

"Di kereta itu minimal dapat rel 7 kilometer baru saya datang," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

(hns/faj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed