Follow detikFinance
Minggu, 27 Des 2015 09:36 WIB

Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Resmi Beroperasi Hari Ini

Michael Agustinus - detikFinance
Foto: Michael/detikFinance Foto: Michael/detikFinance
Jambi - PT Angkasa Pura II (Persero), operator 13 bandara di kawasan Barat Indonesia, pagi ini mulai mengoperasikan Terminal Baru Bandara Sultan Thaha, Jambi. Terminal baru seluas 9.753 m2 ini dapat menampung 1,8 juta penumpang per bulan.

Pesawat Lion Air tujuan Jakarta dengan kode JT 607 yang terbang pukul 06.00 WIB menjadi pesawat pertama yang menggunakan dari terminal baru ini. Kemudian disusul oleh pesawat Garuda Indonesia GA 129 yang juga terbang ke Jakarta jam 06.00 WIB.

Antusiasme warga Jambi tampak dari ramainya terminal ini sejak pukul 05.30 WIB. Selain penumpang pesawat yang dijadwalkan berangkat pukul 06.00 WIB, banyak juga penumpang yang sebenarnya baru dijadwalkan berangkat di atas pukul 07.00 WIB namun datang sejak subuh untuk melihat-lihat terminal baru.

"Enak terminal barunya, lebih bagus dan lebih luas dari yang lama‎," tutur Eni, salah seorang pengunjung, kepada detikFinance di Terminal Baru Bandara Sultan Thaha, Jambi, Minggu (27/12/2015).

Eni mengaku baru akan berangkat pukul 07.40 WIB, tetapi dia datang lebih awal karena penasaran dengan rupa terminal baru ini. Selain lebih nyaman, menurutnya, terminal baru juga memiliki fasilitas lebih mumpuni. "Sejauh ini saya lihat lebih bagus ya fasilitasnya," ucapnya.

Demikian juga diungkapkan Dedy, salah satu penumpang yang menunggu pesawat di Terminal Baru Bandara Sultan Thaha. "Sistem bagasinya lebih bagus dibanding (terminal) yang lama," ujarnya.

Di hari pertama pengoperasiannya, berbagai fasilitas di Terminal Baru Bandara Sultan Thaha ‎sudah siap. Pemeriksaan dengan x-ray sudah berjalan dengan baik. Fasilitas wifi juga sudah dapat dinikmati.

Tetapi masih ada beberapa fasilitas yang belum benar-benar siap. Dari 2 komputer untuk browsing internet yang disediakan di ruang tunggu penumpang ‎misalnya, hanya 1 yang sudah berfungsi.

Pengoperasian Terminal Baru Bandara Sultan Thaha ini akan dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II ‎Budi Karya Sumadi pukul 09.00 WIB nanti. Jajaran direksi dan perwakilan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dijadwalkan juga akan hadir.

Terminal Bandara Baru Bandara Sultan Thaha akan digunakan oleh 6 maskapai penerbangan nasional, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, NAM Air, Susi Air, dengan tujuan ke berbagai daerah di Indonesia.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed