Follow detikFinance
Kamis, 14 Jan 2016 13:22 WIB

Rupiah Melemah Pasca Ledakan Thamrin, Menkeu: Ini Pelemahan Temporer

Maikel Jefriando - detikFinance
Jakarta - Ledakan yang terjadi pada beberapa titik di Jakarta langsung memberikan pengaruh terhadap pasar keuangan. Terlihat pada pergerakan nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Kalau saya pikir ya ini kejadian temporer, pelemahan temporer," ungkap Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Kamis (14/1/2016)

Bambang mengaku tetap memantau kondisi pergerakan pasar keuangan. Termasuk juga bekerja sama dengan lembaga terkait lainnya, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Diharapkan investor tetap tenang.

"Pasti kan tentunya memperhatikan apa yang terjadi. Ini kan sesuatu yang di luar kontrol kita sehingga kita upayakan nanti market tidak terlalu nervous setelah kejadian ini," paparnya.

Penanganan keamanan menjadi sesuatu yang akan difokuskan. Dari sisi ekonomi pemerintah akan tetap menjaga kestabilan fundamental agar tetap menjaga kepercayaan investor.

"Paling penting kita punya fundamental makro yang kuat untuk bisa mengembalikan kondisi temporer itu ke kondisi normal," tukasnya.

(mkl/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed