Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Jan 2016 13:32 WIB

Gubernur Jabar: Izin Kereta Cepat JKT-BDG Tercepat dalam Sejarah

Dana Aditiasari - detikFinance
foto: lokasi groundbreaking kereta cepat (Baban - detikFinance) foto: lokasi groundbreaking kereta cepat (Baban - detikFinance)
Bandung - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Achmad Heryawan (Aher), mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang telah mengizinkan pembangunan kereta cepat (High Speed Train/HST) rute Jakarta-Bandung.

Ia menyebut izin pembangunan HST sepanjang 142 kilometer (km) dinilai sangat cepat, bahkan tercepat dalam sejarah. Seperti diketahui, ada banyak izin yang harus dipenuhi sebelum groundbreaking proyek kereta cepat hari ini di daerah Walini, Bandung Barat, Jawa Barat.

"Dalam sejarah perizinan, sepertinya ini adalah perizinan tercepat dalam sejarah perizinan sejak Indonesia merdeka," kata Aher di lokasi groundbreaking kereta cepat di kawasan Walini, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (21/1/2016).

Aher mengambil contoh tentang proses penerbitan izin tukar lahan hutan yang hanya terbit dalam waktu 3 hari. Izin ini terbilang sangat cepat.

"Ini sangat cepat," ucap Aher yang langsung disambut tepuk tangan oleh tamu yang hadir.

Lanjut Aher, kehadiran HST dinilai akan memberi manfaat besar bagi wilayah Jabar karena 3 dari 4 satasiun kereta cepat berada di wilayah Jabar.

"Kehadirannya sangat dibutuhkan untuk mendukung iklim investasi dan penyerapan tenaga kerja serta mendorong alih pengetahuan dan teknologi," tambahnya.

(feb/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed