Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 03 Feb 2016 16:54 WIB

Nelayan Puji Menteri Susi: Sekarang Ikan Melimpah

Maikel Jefriando - detikFinance
Foto: Pertemuan Susi dan Nelayan (Maikel Jefriando) Foto: Pertemuan Susi dan Nelayan (Maikel Jefriando)
Jakarta - Para nelayan siang ini mendatangi kantor Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti. Dalam pertemuan tersebut, nelayan berterima kasih kepada Susi, karena akibat kebijakannya, mampu meningkatkan hasil tangkapan ikan dari 2 sampai 3 kali lipat.

Salah satu nelayan, Sukahar menuturkan sekarang mampu mendapatkan ikan sebanyak 3-5 ton dalam sehari. Padahal sebelumnya, paling banyak tangkapan ikan hanya mencapai 1-2 ton.

"Jadi kalau 45 hari biasanya melaut kita bisa melaut sampai sekitar 100 ton," ujarnya saat berdiskusi di kantor KKP, Jakarta, Rabu, (3/2/2016)

Di samping itu, ikan yang didapatkan juga tidak terlalu jauh dari pinggir pantai. Ukuran ikan yang didapatkan juga lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya.

"Kalau dulu kan ada cangkrang, jadi dari tengah laut itu disapu sampai pinggir pantai. Nah sekarang kan sudah tidak boleh, jadi kita lebih gampang. Ikan itu cepat sekali muncul ke permukaan," jelasnya.

Sukahar mengakui, saat kebijakan awal diluncurkan seperti larangan transhipment, larangan tangkap kepiting bertelur hingga larangan penggunaan cangkrang, membuat banyak nelayan mengeluh. Namun dengan hasil sekarang, nelayan mulai merasakan manfaatnya.

"Awalnya bikin galau, tapi lama-lama baru mereka sadar bahwa ini adalah benar," tukasnya. (mkl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com