Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Feb 2016 12:14 WIB

Bandara Silangit Dirombak dan Bisa Didarati Airbus 320

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Foto: desain pengembangan Bandara Silangit (dok. AP II) Foto: desain pengembangan Bandara Silangit (dok. AP II)
Jakarta - PT Angkasa II (AP II) akan mengembangkan Bandara Silangit di Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Selain akan merenovasi terminal penumpang, AP II juga akan meningkatkan kapasitas runway (landasan).

Dengan renovasi runway menjadi 2.450 x 45 meter, Bandara Silangit bisa melayani pesawat jet penumpang sekelas Airbus 320 atau Boeing 737.

"Secara keseluruhan, bandara akan dikembangkan dalam tiga tahap di mana nantinya setelah pengembangan tahap ketiga usai, maka bandara akan bisa didarati pesawat berbadan sedang Airbus A320 Neo atau sejenis," kata Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi, dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Dengan masuknya pesawat sekelas A320, Budi optimistis harga tiket untuk penerbangan langsung (direct flight) ke Bandara Silangit bisa turun.

Di samping itu, AP II juga melakukan pengembangan secara keseluruhan terhadap terminal kargo dan area parkir kendaraan. Pengembangan ini telah disetujui oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pemegang saham.

Pengembangan fasilitas udara (air side) dan darat (land side) dilakukan untuk mendukung program pariwisata di wilayah Danau Toba.

Bandara Silangit merupakan akses bandara terdekat menuju Danau Toba, dengan jarak tempuh melalui jalur darat hanya 30 menit hingga 1 jam. (feb/drk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed