Follow detikFinance
Rabu, 02 Mar 2016 15:34 WIB

Bandara Merauke Dipercantik, Ini Penampakannya

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian Perhubungan Foto: Dok. Kementerian Perhubungan
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menuntaskan pengembangan dan peningkatan kapasitas Bandara Mopah, Merauke, Papua. Bandara yang berada di bawah naungan Kemenhub ini mulai dikembangkan sejak 2015.

"Bandara Mopah Merauke setelah dilakukan perbaikan terminal dan sistem layanan di tahun 2015," kata Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan kepada detikFinance, Rabu (2/3/2016).


Dengan pengembangan ini, wajah Bandara Merauke sekarang bisa disetarakan dengan bandara-bandara milik operator bandara pelat merah.

Jonan menyebut Bandara Merauke berlokasi di wilayah paling timur Indonesia. Merauke sendiri merupakan wilayah di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini.

"Bandara Merauke adalah bandara yang berlokasi di wilayah paling timur dari Indonesia," tambahnya.

Lantas bagaimana wujud Bandara Mopah pasca renovasi?

Dari gambar yang diterima detikFinance, area udara (airside) seperti runway hingga apron mengalami peningkatan kapasitas. Kondisi pada sisi udara terlihat sangat bersih. Lampu-lampu terpasang di area apron. Tampak, sebuah pesawat jenis Cessna Caravan terparkir di area apron bandara.

Untuk mengantisipasi situasi darurat (emergency), Kemenhub sebagai pengelola bandara menyediakan setidaknya 4 unit pemadam kebakaran.

Di area darat atau land side, Kemenhub merombak daleman terminal. Akses keluar masuk penumpang di area terminal ikut dipercantik.

Selain itu, Kemenhub membangun area check in counter dan baggage claim dengan interior minimalis. Hal ini bisa membuat penumpang merasa nyaman saat mengurus proses check in, begitu juga saal pengambilan bagasi. Ada juga fasilitas ATM centre.

Di area terminal, berbagai petunjuk dipasang oleh pengelola bandara. Petunjuk ini bisa mempermudah penumpang yang baru pertama kali tiba atau terbang dari Bandara Merauke.

Parkir juga disediakan cukup luas. Alhasil, pengguna jasa udara yang membawa kendaraan pribadi bisamemarkirkan mobil atau sepeda motor dengan cepat tanpa perlu berputar-putar mencari ruang kosong pada area parkir.
(hen/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed