Follow detikFinance
Senin, 07 Mar 2016 20:34 WIB

Tol Dalam Kota Bandung, dari Terowongan Hingga Jalan Layang

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Tya Eka Yulianti Foto: Tya Eka Yulianti
Jakarta - Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau yang disebut Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) segera dibangun setelah mendapatkan kepastian pemanfaatan lahan dari 13 Kementerian dan Lembaga (K/L) yang dilalui proyek senilai Rp 3,56 triliun ini.

Dari data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Senin (7/3/2016) diketahui jalan tol ini akan dilengkapi dengan jalan layang dan underpass.

Berikut Rinciannya:

Fase I A dengan rute Pasteur-Pasupati-Underpass Gasibu sepanjang panjang 5,5 km
Pada bagian ini ini sepanjang 2,65 km dari mulai pintu tol Pasteur akan dibangun elevated alias melayang. Lalu kemudian tersambung dengan overpass alias flyover (jalan layang) Pasupati sepanjang 2,3 km. Baru tersambung dengan underpass (terowongan) sepanjang 0,55 km dari depan Lapangan Gasibu sampai depan Kantor Dinas Pertanian.

Fase II A dengan rute Gasibu-Cileunyi sepanjang 13,8 km
Fase ini merupakan sambungan dari mulai ujung underpass Gasibu hingga Cileunyi yang seluruhnya dibangun di atas permukaan tanah dan terbagi dalam 3 seksi. Seksi I, Gasibu-Cicaheum sepanjang 4,4 km. Seksi II, Cicaheum-Ujung Berung sepanjang 4,2 km, dan Ujung Berung-Cileunyi sepanjang 5,2 km.

Fase I B dengan rute Soekarno Hatta-Gede Bage sepanjang 3,1 km
Bagian ini akan dibangun mendatar dan menjadi penghubung anatara Tol Padalarang-Purbaleunyi di km 149 dengan jaringan BIUTR.

Fase II B ruas Soekarno Hata-Ujungberung sepanjang 4,5 km
Fase ini merupakan sambungan dari Fase I B yang dibuat melayang dan mendatar serta akan tersambung dengan Fase II A di Kawasan Ujung Berung. (dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed