Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Mar 2016 13:40 WIB

Petinggi Google Temui Rizal Ramli, Apa Isi Pembicaraannya?

Cindy Audilla - detikFinance
Foto: dok. Humas Kemenko Maritim dan Sumber Daya Foto: dok. Humas Kemenko Maritim dan Sumber Daya
Jakarta - Petinggi perusahaan teknologi raksasa, Google, menemui Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli di kantornya, Gedung BPPT, Jakarta. Dalam pertemuan ini, Google diwakili oleh Chief Executive Officer (CEO) untuk Project Loon Google atau balon internet Google, Mike Cassidy. Pada pertemuan ini, membahas Project Loon di Indonesia. Proyek ini rencananya bakal diterapkan di Indonesia.

Rizal menjelaskan, pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut pasca kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke markas Google di Silicon Valley, San Fransisco, Amerika Serikat (AS).

"Ini sebagai follow up dari kunjungan Presiden Jokowi ke Google beberapa waktu lalu," ujar Rizal saat mendampingi Mike, di Kantornya, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Lanjut Rizal, pada pertemuan ini membahas perihal Project Loon di Indonesia. Rizal mengaku, kerja sama antara Google dan operator telekomunikasi di Indonesia ini sebagai proyek teknologi yang sangat inovatif.

"Banyak rakyat kita utama di luar Pulau Jawa, Indonesia Timur, di pulau-pulau terpencil yang tidak punya akses terhadap telepon seluler karena tidak ada signal, tidak ada power. Bayangkan kalau kita ingin membangun tower di pegunungan di Papua akan sangat mahal sekali," tambahnya.

Teknologi balon internet Google dinilai sangat relevan menjangkau wilayah Indonesia yang mayoritas kepulauan. Rizal mengakui, proyek ini sebagai hal yang luar biasa khususnya inovatif di sektor teknologi karena bisa memberikan jaringan telekomunikasi hingga pelosok negeri.

"Jadi Google sangat inovatif, dia bikin sistem balon. Balonnya itu beredar secara reguler di atas khatulistiwa. Kemudian ada transmitter. Dan dengan sistem itu semua orang di Indonesia yang sedang berada di tengah laut atau di puncak gunung atau di pulau terpencil akan bisa melakukan komunikasi melalui telepon seluler," paparnya. (feb/ewi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed