Follow detikFinance
Kamis, 17 Mar 2016 15:08 WIB

Ini Penampakan Waduk Jatigede Setelah Digenangi Air

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho Foto: Bagus Prihantoro Nugroho
Sumedang - Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat kini dalam proses penggenangan atau pengisian air. Pengisian air di waduk terbesar kedua di Indonesia ini telah mencapai 40%. Saat ini tinggi permukaan air telah mencapai 243 meter dari dasar waduk.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini juga meninjau proses pengisian air waduk. Saat blusukan, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Proses pengisian air bendungan ditargetkan rampung 100% pada Maret 2017. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Mudjiadi di Waduk Jatigede, Sumedang, Kamis (17/3/2016).

"Penuhnya bulan Maret 2017 karena mengisinya pasti penuhnya pas musim hujan. Nah sekarang sudah hampir musim hujan, kemarau kan nggak terisi. Maka dari itu, Maret 2017 lah," kata Mudjiadi.



Saat kondisi penuh, Waduk Jatigede akan difungsikan sebagai pusat pengairan untuk 90.000 hektar lahan pertanian produktif di Cirebon, Indramayu dan Majalengka.

Selain itu, air dari Waduk Jatigede juga akan dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berdaya 110 Mega Watt (MW) yang saat ini tengah dibangun oleh PT PLN (Persero).

Waduk ini juga akan memasok air bersih bagi warga sekitar dengan kapasitas hingga 3.500 meter kubik per detik. Selain itu, waduk ini juga akan meredam terjadinya banjir bagi 14.000 hektare kawasan di Jawa barat.



Mudjiadi menyebut proses ganti rugi lahan di Waduk Jatigede telah mencapai 94%. Sisanya, dalam proses penyelesaian karena ada tanah yang bersengketa.

"Ada sekitar 450 KK (Kepala Keluarga) yang double namanya kemudian ada yang meninggal dan belum clear karena masih menunggu penetapan ahli waris. Kita tunggu penetapan waris dari pengadilan agama," sebutnya. (feb/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed