Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 20 Mar 2016 11:05 WIB

Ratusan Pelajar Serbu Pendaftaran Universitas Pertamina

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Pertama kalinya Universitas Pertamina menyelenggarakan Education Fair pada hari Minggu (20/03/2016) di Gelanggang Olahraga (GOR) Universitas Pertamina, Jakarta Selatan. Education fair merupakan acara sosialisasi mengenai sivitas kampus, program studi, serta profil Universitas Pertamina.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Try Out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta berbagai booth pusat informasi yang dapat dikunjungi oleh para peserta.

Pada kesempatan ini juga ratusan calon mahasiswa berkesempatan untuk mendaftarkan dirinya secara langsung untuk bergabung dengan Universitas Pertamina. Try Out ini juga dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta dengan nilai tertinggi untuk mendapatkan kemudahan bebas biaya pendaftaran. Ujian ini dilaksanakan dalam dua gelombang dengan mendaftar via website ataupun langsung di lokasi.



Rektor Universitas Pertamina Prof. Akhmaloka menyatakan Education Fair rencananya dilakukan di beberapa kota sebagai dukungan Universitas Pertamina terhadap kesiapan pelajar SMA tingkat akhir maupun alumni untuk menghadapi SBMPTN.

"Kurikulum dan proses pembelajaran Universitas Pertamina kami rancang untuk menanamkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah kompleks melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi. Kami juga berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung proses penanaman karakter yang baik," jelas Akhmaloka di GOR Universitas Pertamina, Jakarta Selatan, Minggu (20/3/2016).

Universitas Pertamina merupakan wujud kontribusi Pertamina pada masyarakat Indonesia melalui penyelenggaraan kegiatan pendidikan tinggi.
Universitas Pertamina mampu menampung peserta didik hingga 1.050 mahasiswa yang dibagi ke 6 fakultas dan 15 program studi Strata-1.

"Kita targetkan 15 program studi, masing-masing prodi sekitar 60 mahasiswa, jadi ada sekitar 900an. Di antara 750 sampai 1.000 mahasiswa, maksimum 1.050," terangnya.

Biaya kuliah di Universitas Pertamina terdiri dari biaya pengembangan yang dibayar saat awal masuk dan biaya semester yang dibayarkan tiap semesternya.

Tenaga pengajar di kampus milik Pertamina ini terdiri dari 90 dosen dan beberapa praktisi Pertamina yang turut mengisi materi di kelas. Sebagian besar tenaga pengajar di Universitas Pertamina berasal dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN), seperti Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia.

"Ada 90 dosen, karena syarat program studi dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi minimal 6 orang. Ada yang komit untuk mengisi sebagai pengajar. Praktisi ada 55 orang nantinya tersebar di 15 program studi," jelas Akhmaloka. (feb/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com