Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 20 Mar 2016 14:03 WIB

Jurusan Perminyakan Masih Jadi Incaran Para Pelajar

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Pertamina baru saja membuka institusi pendidikan pertamanya di Indonesia yaitu Universitas Pertamina. Universitas yang terletak di bilangan Simprug, Jakarta Selatan itu kini sudah memiliki 6 fakultas dan 15 program studi di dalamnya. Di tahun perdananya, Universitas Pertamina mampu menampung hingga 1.050 mahasiswa.

Adanya kampus baru ini, menarik calon mahasiswa yang hadir untuk meramaikan try out di Universitas Pertamina. Farah misalnya, pelajar MAN 4 Jakarta ini bercita-cita melanjutkan studinya ke Universitas Pertamina dengan mengambil jurusan Teknik Perminyakan. Setelah lulus, Ia tertarik bekerja di sektor migas.

"Saya penginnya teknik perminyakan karena dari SMP dan SMA kebayang saja kerja di bagian perminyakan kayak gimana. Terus juga kan bapak kerja di Pertamina juga jadi kayaknya enak kerja di perminyakan," tutur Farah kepada detikFinance di Universitas Pertamina, Jakarta, Minggu (20/3/2016).

Selain itu, ada calon mahasiswa lainnya yang juga hadir dalam acara try out di Universitas Pertamina. Mila. pelajar SMA asal Jakarta, juga mengungkapkan keinginannya untuk melanjutkan studi di bidang teknik perminyakan.

"Maunya sih teknik perminyakan kalau nggak teknik industri. Jurusan perminyakan kayaknya seru prospeknya," jelas Mila.

Universitas Pertamina yang berada di bawah naungan Pertamina Foundation juga memberikan kesempatan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa terpilih di kampus ini.

"Ada dua beasiswa di Universitas Pertamina. Pertama beasiswa ekonomi lemah, dari aspek ekonomi keluarga tidak mampu baru eligible. Kedua, beasiswa prestasi, prestasi akademik dari IPK saat tahun kedua. Untuk di tahun pertama sedang dipikirkan," jelas Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka.

Selain itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Ichsan Setya Putra mengungkapkan bahwa ada juga beasiswa prestasi high school creative contest. Beasiswa ini dilakukan dengan menggelar kontes essay dan animasi bagi para calon mahasiswa. Pemenangnya akan mendapatkan beasiswa prestasi untuk kuliah di Universitas Pertamina.

"Ada juga beasiswa prestasi high school creative contest dengan membuat essay dan animasi. Pemenangnya akan diberikan beasiswa prestasi di Universitas Pertamina. Kontes ini dimulai pada tanggal 7 April mendatang, yang ikut kontes harus ikut ujian saringan masuk Universitas Pertamina karena akan dibebaskan dari biaya kuliah," jelas Ichsan. (feb/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com