Jalan Bebas Hambatan Akan Dibangun Menghubungkan Entikong dan Pontianak

Dina Rayanti - detikFinance
Rabu, 23 Mar 2016 15:17 WIB
Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Direktorat Jenderal Bina Marga, berencana membangun jalan akses bebas hambatan (freeway) dari Entikong ke Pontianak.

Pembangunan jalan ini untuk mendukung akses jalan di wilayah perbatasan dari Temajok ke Nanga Badau.

"Ini nanti kali jalan paralel sudah jadi terutama yang Temajok ke Nanga Badau saya mau usulkan ke Pak Menteri, jadi dari Entikong ke Pontianak kita mau bikin freeway," ujar Direktur Jenderal Bina Marga, Hediyanto W Husaini, kepada detikFinance, di Entikong, Kalimantan Barat, Rabu (23/3/2016).

Tujuan dibangun jalan dari Entikong ke Pontianak ini adalah agar perekonomian warga sekitar tetap maju, dan tidak diambil alih oleh Malaysia.

"Kalau ini sudah jadi (jalan paralel) nggak ada penyelesaian, kemajuan di wilayah ini (Temajok-Nanga Badau) akan diambil mereka, makanya saya ingin ada jalan, freeway baru dari Entikong-Pontianak sepanjang 203 km, jadi perekonomian kita nggak terhisap mereka karena jaraknya ini kan perbatasan ini dekat, kan sekarang sudah banyak kebun tuh yang dibangun warga, contohnya saja ini dari Nanga Badau itu pipa CPO-nya ke Malaysia sekarang" lanjut Hediyanto.

Pembangunan jalan akses ini diperkirakan akan menghabiskan biaya hingga Rp 6,4 triliun.

"Biayanya diperkirakan sekitar Rp 6,4 triliun lah, nanti kalau ada freeway itu juga kan mempercepat akses dari Entikong-Pontianak yang biasanya 6 jam bisa 2,5 jam," tuturnya. (wdl/wdl)