Follow detikFinance
Kamis 31 Mar 2016, 08:46 WIB

Target Rampung Desember 2016, Ini Kondisi Pos Perbatasan RI-Papua Nugini

Dana Aditiasari - detikFinance
Target Rampung Desember 2016, Ini Kondisi Pos Perbatasan RI-Papua Nugini Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Berada jauh di Timur Indonesia, tak menyurutkan pekerjaan pembangunan Pos Lintas Batas (PLBN) Skouw di Papua. Proses pekerjaan terus berlanjut tak terpengaruh dengan insiden penembakan pekerja konstruksi di Papua yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dimulai pembangunannya pada 18 Desember 2015, PLBN Skouw yang berlokasi di Distrik Muara Tami Kota Jayapura ini telah mencapai perkembangan pekerjaan fisik mencapai 10,23%, menurut data Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2016 yang dikutip detikFinance, Kamis (31/3/2016).

Dengan nilai Kontrak mencapai Rp 165,94 miliar, saat ini penyerapan anggarannya telah mencapai 20,10%.



Bila mengacu pada kontrak pekerjaan pembangunan PLBN yang berbatasan dengan Papua Nugini ini ditargetkan rampung pada 11 Desember 2016.

Berdiri di atas lahan dengan luas total mencapai 10.112 meter persegi, akan berdiri PLBN dengan luas bangunan secara keseluruhan mencapai 7.619 meter persegi yang terbagi dalam beberapa zona.

Pada zona inti, terdapat bangunan utama dengan luas 2.737 meter persegi yang akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas meliputi klinik, gudang sita, bangunan jembatan timbang, bangunan X-ray mobil pengangkut barang, bangunan pelayanan terpadu kedatangan mobil kargo, cek poin, bangunan utilitas, dan koridor pejalan kaki.



Sementara zona sub inti memiliki luas 1.191 meter persegi. Di dalam zona ini terdapat Wisma Indonesia, mess karyawan, dan gedung serba guna. Adapun zona pendukung memiliki luas 1.300 meter persegi. Di dalam zona tersebut ada restoran, pusat ATM, masjid, gereja, dan bangunan pos polisi.

(dna/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed