Aher Cek Tol Soroja Bisa Dipakai Saat PON, Kontraktor: Agustus Bisa Dilalui

Tya Eka Yulianti - detikFinance
Selasa, 05 Apr 2016 12:45 WIB
Foto: Tya Eka Yulianti
Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) meninjau perkembangan pembangunan Tol Soreang Pasirkoja (Soroja) di Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Selasa (5/4/2016). Ia ingin mendapat kepastian dari pengembang apakah tol bisa dipakai saat kegiatan PON ke XIX yang akan berlangsung pada September mendatang.

Aher datang bersama rombongan Asda II Pemprov Jabar Denny Juanda, Kepala. Dinas Bina Marga Guntoro, Kabag Humas Ade Sukasah dan sejumlah pejabat terkait.

"Saya kan juga khawatir, apakah bisa beres atau enggak. Nah kita ingin dapat kepastian," ujar Aher terkait kedatangannya itu.
Proyek Tol Soreang-Pasirkoja


Di lokasi, Aher mendapatkan penjelasan langsung dari Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar sebagai badan usaha untuk Tol Soroja.

Terlihat di lokasi pekerja masih sibuk mengerjakan proyek. Alat-alat berat beroperasi merasakan tanah serta truk-truk bolak-balik membawa bahan material.


Pengerjaan Dikebut

Pengerjaan Tol Soroja saat ini tengah dikebut supaya bisa digunakan dalam pelaksanaan PON ke-19 September mendatang. Meski hari ini konstruksi baru mencapai 20 persen namun pihak pengembang menyatakan keyakinannya Tol Soroja akan bisa dilalui pada awal Agustus 2016 nanti.

Hal itu disampaikan Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar sebagai badan usaha untuk Tol Soroja, Bagus Medi, saat menerima kunjungan Aher.

"Konstruksi secara teknis tidak ada masalah. Awal Agustus akan bisa dilalui," ujar Bagus.
Proyek Tol Soreang-Pasirkoja


Ia menyatakan meski cuaca saat ini kadang kurang mendukung namun ia mengatakan hal itu bukan jadi masalah.

"Kita kerja 24 jam. Kalau hujan ya terpaksa berhenti. Kalau cerah kita masuk lagi," katanya.

Saat ini progres konstruksi Tol Soroja disebut Bagus baru sekitar 20 persen. Meski begitu, ia tetap optimistis bisa mengejar supaya awal Agustus untuk bisa dilalui.

"Sekarang 20 persen. Pancang sudah. Kita tinggal on going, tidak ada masalah. Yakin terkejar untuk bisa dilalui Agustus," tutur Bagus.

Untuk mempercepat pengerjaan konstruksi, Bagus pun berharap lahan yang masih belum terbebaskan seluruhnya bisa segera selesai. (tya/hns)