Tol Brebes Timur-Pemalang Terhambat Pembebasan Lahan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Minggu, 10 Apr 2016 18:44 WIB
Foto: Ardan Adhi Chandra
Brebes - Pembangunan jalan Tol Brebes Timur-Pemalang yang masuk ke dalam seksi III dan IV proyek tol Pejagan-Pemalang masih terhalang masalah lahan. Lahan yang akan digunakan untuk membangun jalan tol masih perlu diupayakan lebih keras lagi untuk pembebasan lahan dari pemukiman penduduk.

"Seksi III dan IV menunggu pembebasan lahan," terang Pimpro PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR), Mulya Setiawan saat kunjungan kerja (kunker) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di ruas Tol Pejagan, Minggu (10/04/2016).

Pihaknya mengaku, saat ini baru beberapa persen lahan saja yang dapat digunakan untuk pembangunan jalan tol.

"Seksi III dan IV menunggu pembebasan lahan. Di III belum, di IV sudah sebagian. Yang bebas masih di 40% IV saja, yang III nol masih," ujar Mulya.

Kendala yang dihadapi di lapangan oleh pelaksana proyek terhitung cukup berat. Pasalnya, wilayah pembangunan kedua seksi tersebut berada di wilayah pemukiman penduduk yang cukup padat.

"Tentunya kan prosesnya ada pemukiman ya, ini kan masih proses ya," tutur Mulya.

Pihaknya juga berharap agar proyel Tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV dapat berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

Sementara untuk pembangunan jalan tol seksi I dan II Pejagan-Brebes Timur siap dilewati kendaraan awal Mei 2016 mendatang. Pada pembukaan jalan tol tersebut para pengendara akan dibebaskan dari tarif tol selama dua minggu. (drk/drk)