Follow detikFinance
Kamis, 21 Apr 2016 17:02 WIB

Penumpang Tiba di Terminal 3 Ultimate Tak Akan Kehujanan dan Kepanasan, Kenapa?

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Tangerang - Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Sokarno-Hatta, Tangerang akan memberikan pelayan prima kepada para penumpang dan maskapai yang mendarat di terminal tersebut. Fasilitas tersebut ialah garbarata.

"Setiap pesawat yang mendarat atau yang terbang, akan dilayani dengan garbarata," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) Budi Karya Sumadi ditemui di lokasi proyek, Tangerang, Banten, Kamis (21/4/2016).

Garbarata adalah fasilitas jembatan penghubung antara pesawat dan terminal penumpang. AP II menjamin semua pesawat yang tiba di Terminal 3 akan dilayani fasilitas garbarata sehingga tak ada cerita penumpang yang baru saja mendarat kepanasan atau kehujanan karena pesawat parkir di area tanpa fasilitas garbarata.

"Garbarata di terminal 3 Ultimate ini ada banyak. Ada 12x2 (12 garbarata dengan dua sisi pintu, kanan dan kiri), jadi sekitar 24 space (24 pesawat) yang bisa dilayani dengan garbarata. Jadi nanti semua yang parkir di sini akan terlayani (garbarata)," tegas Budi.

Saat beroperasi penuh pada Maret 2017 mendatang, garbarata yang beroperasi bisa menampung hingga 48 pesawat sekaligus.

Numun tak dapat dipungkiri, bahwa lalu-lintas penerbangan di Bandara Soetta akan sangat penuh nantinya. Namun, Budi yakin, semua  pesawat di Terminal 3 Ultimate tetap dapat terlayani dengan fasilitas garbarata.

"Pesawat ini kan datang dan pergi. Selama aktifitas aktif, semua bisa dilayani. Paling kalau malam hari ada yang parkir dan menginap, itu baru yang perlu sedikit rekayasa traffic. Nanti kalau malam ada yang parkir menginap bisa towing (ditarik) ke belakang. Jadi yang butuh layanan garbarata bisa tetap masuk," pungkas dia. (dna/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed