Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 25 Apr 2016 17:00 WIB

Ruas Tol Cipali-Brebes Timur Akan Terintegrasi, Bayar Cuma Sekali

Dina Rayanti - detikFinance
Foto: Dina Rayanti Foto: Dina Rayanti
Subang - Untuk mengantisipasi arus mudik tahun 2016, pemerintah berencana melakukan integrasi sistem pembayaran pada ruas tol Trans Jawa.

Ada dua ruas tol yang direncanakan terintegrasi sistem pembayaran yaitu cluster 1 untuk ruas tol Jakarta-Palimanan dan cluster 2 untuk ruas tol Cipali-Brebes Timur.

"Jadi instruksi Menteri PUPR terkait antisipasi lebaran di 2016 maka ada rakor antara PT Jasa Marga, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) dan Kementerian PUPR, disamping cluster 1 yang direncanakan terintegrasi ternyata juga diusulkan Pali Kanci, Kanci-Pejagan atau kita sebut cluster 2," ungkap Direktur Operasional PT Jasa Marga, Christantio Prihambodo, di Subang, Jawa Barat, Senin (25/4/2016).

Saat ini, Pemerintah akan menerapkan sistem integrasi pembayaran tol Jakarta-Cikampek-Palimanan dengan tarif Rp 109.500 sekali bayar.

Untuk ruas tol Pali-Kanci dikelola PT Jasa Marga Tbk dan Kanci-Pejagan lanjut sampai Pemalang oleh PT Waskita Toll Road nanti pada saat lebaran sudah bisa dioperasikan sampai Brebes Timur. Sistem pembayaran akan disatukan dengan sekali bayar namun besarannya masih belum diputuskan,

Ruas Palimanan-Kanci nanti akan diberlakukan sistem terbuka dan ruas tol Kanci-Brebes Timur akan diberlakukan sistem tertutup. Jadi sistem terbuka ini pengendara membayar tol di gerbang keluar tol sedangkan sistem tertutup pengendara harus membayar terlebih dahulu di gerbang tol, sebelum masuk tol.

"Cikampek-Palimanan akan menemui 3 barrier nanti ditargetkan Juni terintegrasi maka akan dibuka jadi sistem terbuka saat ini sistemnya dua pentarifan makanya 2 kali bayar dari Palimanan-Plumbon satu wilayah pentarifan kemudian Plumbon-Kanci. Satu lagi pentarifan kemudian ada lagi ini menjadi sistem tertutup ke depan akan menjadi satu sistem terbuka dan tertutup pola sistem ini seperti terbuka kalau dari Cawang menuju Cikampek dari Cawang-Cikarang Utama sistem terbuka, dari Cikarang Utama ke Cikampek dan seterusnya sistem tertutup," paparnya.

"Jadi kalau dari Cawang keluar di Bekasi Barat bayar ini juga seperti itu jadi ketika habis bertransaksi dari ruas Cikampek-Palimanan nanti kalau keluar Plumbon ini menjadi sistem terbuka. Kita ubah kalau menuju timur itu, kalau keluar bayar jadi keluar Plumbon bayar atau Kanci bayar tetapi kalau mau lanjut menuju arah Timur atau Brebes ambil tiket di gardu tol Martapada nanti di Brebes Timur keluar udah ada tarifnya," tuturnya.

Berikut mekanisme sistem integrasi pembayaran cluster 2 (ruas tol Cipali-Brebes Timur)
1. Ruas Palimanan-Kanci menggunakan sistem transaksi terbuka dan ruas Kanci-Brebes Timur menggunakan sistem transaksi tertutup
2. Untuk pengguna yang menuju Brebes Timur mengambil Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME) di gardu tol Martapada kemudian membayar tarif tol ruas Palikanci (sistem transaksi terbuka) dan tarif ruas tol Kanci-Brebes Timur sesuai asal tujuan (sistem transaksi tertutup) pada gardu keluar ruas Kanci-Brebes Timur. Sedangkan untuk pengguna jalan arah Palimanan menyerahkan KTME di ruas Kanci-Brebes Timur kemudian membayar tarif tol ruas Kanci-Brebes Timur sesuai asal tujuan (sistem transaksi tertutup) dan ruas Palikanci (sistem transaksi terbuka) di Gardu Tol Martapada.
3. Pada ruas tol Palikanci, gerbang tol barrier seperti Gardu Tol Plumbon 3, Plumbon 4, dan Ciperna Utama akan dibongkar. (feb/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com