Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Apr 2016 15:55 WIB

Kementan: Tak Ada Beda Data Pangan dengan Kemendag

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Dina Rayanti Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung soal beda data pangan yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan)

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan, Suwandi, menjelaskan sebenarnya tidak ada perbedaan antara kementeriannya dengan Kemendag. Hal ini karena kedua kementerian mengacu pada sumber data yang sama, yakni Badan Pusat Statistik.

"Tidak ada beda data aktual. Kalau pun ada perbedaan, itu data yang sifatnya proyeksi, karena kita harus ada proyeksi. Karena perhitungan proyeksi kan bisa beda-beda. Kalau produksi beras misalkan kan sudah dihitung BPS, itu juga dipakai Kemendag. Hanya kita perlu proyeksi, jadi harus menghitung sendiri," kata Suwandi kepada detikFinance, Rabu (26/4/2016).

Dia mengungkapkan, dari data aktual pangan, tak ada perbedaan dengan Kemendag. Pasalnya, semua data pangan berasal dari sumber yang sama, BPS. Pihaknya juga menggunakan data Kemendag untuk harga pangan.

"Sama. Yang beda proyeksi masing-masing. Yang kita punya, Kemendag juga punya itu data harga pangan. Itu juga kita ambil dari mereka, selain itu sama, produksi dan sebagainya," ujar Suwandi. (hns/hns)
bps
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com