Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Mei 2016 13:32 WIB

Laporan dari Seoul

Genjot Ekspor ke Korsel, RI Hadir di Pameran Seoul Food and Hotel

M Aji Surya - detikFinance
Foto: M Aji Surya Foto: M Aji Surya
Seoul - Indonesia terus menggenjot ekspor produk non migas unggulan Indonesia ke Korea Selatan. Salah satu caranya dengan berpartisipasi dalam pameran Seoul Food and Hotel 2016 yang berlangsung pada 10-13 Mei 2016 di KINTEX, Seoul, Korea Selatan.

Tidak main-main, Paviliun Indonesia yang mengusung tema "Trade with Remarkable Indonesia" dibangun di atas lahan seluas 135 m2 dan menampilkan sebanyak 16 perusahaan makanan dan minuman terkemuka Indonesia.

Produk yang dipamerkan juga sangat beragam seperti healthy drink, frozen sweet potato, roasted peanuts, wafer, biscuit, banana chips, cassava chips, sweet potatos chips, dan masih terdapat beberapa makanan kecil lainnya.

"Korea Selatan adalah negara dengan penduduk 51,3 juta jiwa dan berpendapatan per kapita US$ 33.200. Daya beli yang tinggi tersebut menjadikan Korea Selatan sebagai pasar yang sangat potensial untuk berbagai macam produk termasuk makanan dan minuman. Dengan memanfaatkan peluang pada pameran ini, diharapkan produk makanan dan minuman Indonesia akan lebih dikenal secara luas di Korea Selatan," ujar Aksamil, atase Perdagangan KBRI Seoul, Jumat (13/5/2016).

Pameran ini diikuti tidak kurang dari 1.400 perusahaan. Selain peserta lokal, berbagai perusahaan dari manca negara juga turut berpartisipasi pada pemeran Seoul Food and Hotel 2016.

Selain dari Indonesia terdapat sekitar 50 negara lain yang juga perpartisipasi, baik dari Asia, Eropa, Amerika, Australia, Afrika dan juga dari Timur Tengah.

Duta Besar RI untuk Korea Selatan, John A. Prasetio, mendukung keikutsertaan perusahaan Indonesia pada pameran ini. Diharapkan kegiatan ini dapat mendongkrak nilai ekspor produk non-migas Indonesia ke Korea Selatan yang belakangan ini menunjukan penurunan.

Keikutsertaan Indonesia juga bertujuan meningkatkan jumlah frekuensi kontak dan kontrak dagang antara peserta Indonesia dengan pembeli dari luar negeri, khususnya Korea Selatan.

Melalui pameran ini, importir, agen-agen penjualan, serta distributor produk makanan dan minuman di Korea Selatan dapat bertemu langsung dengan eksportir produk makanan dan minuman terbaik dari Indonesia.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com